Vespa Memperkuat Perayaan Anniversary Ke-75, Dengan Jadi Ikon Abadi Gaya Hidup Italia di Indonesia

Profile23 July 2021

By Vanya Gabriela

Vespa Memperkuat Perayaan Anniversary Ke-75, Dengan Jadi Ikon Abadi Gaya Hidup Italia di Indonesia

Tidak diragukan lagi, Vespa merupakan merek gaya hidup terkenal di dunia. Tahun ini, Vespa menandai tonggak sejarah yang penting dengan memperingati ulang tahunnya ke-75, sekaligus merayakan pencapaian produksi sebanyak 19 juta unit secara global. Keberadaan 19 juta unit ini diterjemahkan menjadi 19 juta cerita yang unik dan tak terlupakan,dibuat dan dibagikan oleh para pecinta Vespa di seluruh dunia.


Kisah Sejarah Vespa dimulai ketika Enrico Piaggio datang dengan ide untuk membuat kendaraan yang praktis dan andal bagi orang Italia yang pada saat itu terkena dampak ekonomi dan industri akibat dari Perang Dunia II. Sejak Itu, Vespa telah menjadi marks terpaling terkenal yang pernah dibuat. Kendaraan ini diproduksi oleh Piaggio Group, produsen skuter dan sepeda motor terbesar di Eropa. Mereka juga merupakan salah satu pengubah permainan terkemuka di industri transportasi, melalui merek ikoniknya seperti Piaggio, Aprilia, Moto Guzzi dan tentu saja, Vespa!

PT Piaggio Indonesia dipimpin oleh President Director Marco Noto La Diega, menaungi empat merek premium roda dua yang merupakan simbol abadi dari Italian Style,yakni Piaggio, Aprilia, Moto Guzzi, dan Vespa. Kami sangat antusias untuk berbagi pandangannya mengenai perayaan Ulang Tahun Vespa ke-75 tahun sebagai bentuk perjalanan dan kisah luar biasa dari Vespa.

Vespa merayakan hari jadinya yang ke-75 dan menjadi salah satu merek Italia yang paling terkenal di dunia. Bisakah Anda berbagi dengan pembaca kami, apa itu Vespa?

Pertama-tama, Vespa selalu lebih dari sekedar merek skuter. Ini adalah merek ikonik yang telah menginspirasi kisah-kisah tak terlupakan dari orang-orang di seluruh dunia sejak tahun 1946. Vespa adalah merek yang selalu mampu menginterpretasikan nilai-nilai kontemporer pemuda, kebebasan, gaya hidup, kegembiraan, dan kesuksesan dari generasi ke generasi. Vespa adalah ikon yang terus relevan dan aspiratif bagi semua anak muda.

Tahun 2021 ditandai sebagai tahun perayaan Vespa karena tidak hanya memperingati hari jadinya yang ke-75, tetapi juga menjadi tonggak penting dalam memproduksi 19 juta unit Vespa Hingga Saat Ini. Selama hampir 8 dekade, Vespa masih memancarkan pesonanya yang tak terbantahkan kepada orang-orang yang memiliki semangat kesederhanaan, cinta, kebebasan, muda, aktif dan masih banyak lagi. Kami masih sama seperti Vespa dari 75 tahun yang lalu, namun jauh lebih baik, lebih kuat, lebih modern dan relevan, dan pastinya lebih muda.

Daya tarik Vespa memang tak tertandingi, tapi sebenarnya Vespa itu untuk siapa?

Ini Pertanyaan Sederhana Namun Menarik. Seperti yang saya sampaikan sebelumnya, sejak awal Vespa memang diincar oleh orang-orang yang berjiwa muda dan berjiwa“La Dolce Vita”.

Khususnya, perayaan HUT ke-75 ini tepat untuk sekelompok orang yang datang dari latar belakang yang beragam tetapi berbagi kecintaan yang sama yaitu kecintaan terhadap Vespa.Dan itulah yang menjadi singkatan dari Vespa. Hal ini tidak Berkaitan Mengenai Usia, namun ini berbicara mengenai semangat muda Vespa dalam diri Anda. Vespa selalu bersifat kontemporer, yaitu menggabungkan apa yang benar-benar penting selama beberapa dekade, menekankan bagian penting dari kehidupan masyarakat dari generasi ke generasi, dan memperkuat relevansinya bagi semua orang.

Apa cerita di balik edisi terbatas Vespa 75th Anniversary?

Cerita tersebut menyampaikan makna perjalanan kejayaan Vespa selama 8 dekade melalui edisi terbatas Vespa 75th Anniversary, yang merupakan interpretasi sempurna dari kisah-kisah luar biasa selama 75 tahun ini.

Kami membuat Vespa 75th Anniversary dari sesuatu yang sudah familiar namun kami membuatnya lebih hidup, dengan tambahan kebutuhan khusus yang paling mewakili perjalanan 75 tahun kami. Saat ini kami mengambil model Vespa Primavera 150 dan Vespa GTS 300 yang sangat cantik dan meningkatkan keindahan dan kemurnian lini Vespa yang sudah ada sebelumnya dengan sentuhan perayaan ke-75 yang sederhana namun kuat dan canggih. Kami menambahkan lebih banyak detail untuk memperkuat keunikan, sambil mempertahankan kesederhanaan Vespa.

Seperti yang disampaikan Presiden Direktur PT Piaggio Indonesia, Marco Noto La Diega dengan antusias, tahun 2021 menandai momen bersejarah lainnya bagi Vespa karena tahun ini Vespa memperkenalkan Edisi Terbatas Ulang Tahun ke-75. Edisi perayaan ini merupakan sebuah karya yang luar biasa sebagai bentuk evolusi Vespa dari delapan dekade yang gemilang.

Vespa 75th Anniversary Limited Edition menjadi sebuah bukti sempurna bahwa selama ini Vespa telah berhasil untuk tetap relevan dan setia pada asal-usulnya dengan tiga jiwa inti yang utuh dari generasi ke generasi, yaitu warisan, fashion, dan modernitas. Tentu ini adalah formula kesuksesan Vespa yang tetap abadi dan kontemporer, serta menampilkan keanggunan, modernisasi, dan relevansinya dari masa ke masa. Mereka mencoba menggabungkan apa yang benar-benar penting dalam kehidupan masyarakat dari generasi ke generasi.

Bagaimana Rencana Anda untuk memperingati 75 tahun perjalanan Vespa?

Vespa meluncurkan Vespa edisi terbatas ulang tahun ke-75 dalam dua set model Vespa kami yang sangat populer, yaitu model Vespa Primavera yang ikonik dan abadi dengan dilengkapi kapasitas mesin 150 cc dan Vespa GTS kami yang paling canggih dan megah dengan kapasitas mesin 300 cc. Dengan Lekukan yang elegan dan bodi monocoque baja, Vespa dicat secara eksklusif dengan warna kuning metalik asli dan custom oleh Vespa, “Giallo 75th.”

Warna yang eye-catching dengan formulasi khusus untuk Edisi Terbatas Ini, sebagai interpretasi kontemporer Vespa tentang rona dalam mode yang tak lekang oleh waktu. Desain warna ini terinspirasi oleh tren mode di tahun 40-an, yang mana menjadi warna yang selaras dengan warisan, semangat inovatif, dan mode tinggi. Menggunakan teknologi mutakhir, Koleksi Vespa ke-75 ini mewakili jajaran Vespa teratas. Semua model edisi terbatas ini dilengkapi dengan teknologi layar TFT full-color 4,3” digital.

Bagaimana Anda melihat peran Indonesia dalam perayaan 75 tahun perjalanan ini?

Seperti yang diyakini banyak orang, Indonesia mungkin menjadi komunitas Vespa terbesar kedua setelah Italia, yang sangat fenomenal! Ini Berarti Indonesia memiliki akar dan pemahaman yang dalam tentang apa itu Vespa sebenarnya. Indonesia juga merupakan salah satu dari sedikit negara yang mengenal Vespa di masa-masa awal, menjadikan Indonesia sebagai rumah yang ramah bagi Vespa.

Anda juga bisa melihat ikatan dan memori yang kuat akan kehadiran Vespa di Indonesia, dari generasi ke generasi. Olehkarenaitu, limpahan cerita dari 19 juta cerita Vespa di dunia digarap di Indonesia. Inilah sebabnya mengapa sangat masuk akal untuk membawa dan merayakan HUT ke-75 Vespa di Indonesia. Saya sangat yakin bahwa Indonesia akan memberikan dukungan yang kuat dan respon yang baik untuk perayaan Vespa ini. Kalau Boleh saya bilang, meski Vespa lahir di Italia, Indonesia menjadi rumah yang hangat bagi Vespa.

Vespa telah menjadi bagian penting dari kehidupan masyarakat selama 75 tahun. Apakah Anda sendiri merupakan bagian dari 19 juta cerita itu?

Sebagai orang Italia yang tumbuh besar di sana, saya beruntung Vespa telah hadir dalam hidup saya sejak usia dini. Vespa pertama saya adalah Vespino 50 cc dalam warna putih yang merupakan salah satu skuter favorit pada saat itu. Beberapa tahun kemudian, karena mendambakan mesin yang lebih bertenaga, saya memiliki Vespa PX pertama saya, model yang sangat populer, bahkan sampai hari ini.

Saya menghabiskan masa muda saya yang penuh petualangan dengannya. Kisah saya dengan Vespa terus berlanjut seiring kecintaan saya terhadap Vespa semakin melekat, dan terlebih lagi bagi saya, Vespa memiliki hubungan yang mendalam di masa lalu, sekarang, dan tentunya di masa depan.

Selama 75 tahun terakhir, Vespa selalu dan akan terus mengikuti tren saat ini. Inilah yang membuat Vespa relevan dari masa ke masa, generasi ke generasi, masa lalu-sekarang-masa depan. Vespa memiliki kemampuan untuk menyerap tren seni, musik, gaya hidup, dan mode, dan merekayasa ulangdalam dirinya, untuk menyampaikan dan memimpin trennya sendiri.

Bagaimana Anda melihat Vespa sebagai fashion statement?

Kami memperkuat tren, dengan memperkenalkan edisi terbatas yang menandai sebuah kehadiran yang lebih kuat di pasar. Kami ingin Vespa menjadi simbol dari sesuatu yang lebih dari sekedar merek skuter global,atau sarana mobilitas, kami ingin mencerminkan gaya global kontemporer.

Bagaimana Anda melihat Vespa 75th Anniversary dalam konteks tren fashion?

Vespa selalu mengantisipasi dan memimpin tren serta memandang dunia dalam ekspresi seni, musik, dan mode. Oleh karena itu, fashion, seperti yang telah disebutkan sebelumnya, merupakan salah satu daritigajiwa inti Vespa yang mengantarkan Vespa menjadi seperti sekarang ini.

Segala Sesuatu Tentang Vespa adalah high fashion dengan beragam cerita yang menyelimuti desainnya. Anniversary ke-75 Vespa kami yang berharga adalah cara kami untuk menghidupkan kembali era kejayaan Vespa di masa lalu, merayakan masa kini, dan merangkul masa depan. Unsur masa lalu yang tertuang dalam warna, simbol semangat inovasi sekaligus tren fashion di era 40-an itulah yang kami beri nama sebagai Giallo 75th.

Vespa benar-benar merupakan sebuah merek yang serbaguna dan telah melakukan kolaborasi yang beragam. Hal ini menjadikan Vespa sebuah tren mode yang mencolok. Baru-baru ini di tahun 2020, kami berkolaborasi dengan Sean Wotherspoon, seorang seniman eklektik yang mewakili tren urban dan anak muda. Anda juga mungkin sudah melihat bahwa kami berkolaborasi dengan merek fashion premium untuk Vespa 946 terbaru kami,yaitu jenis Vespa paling istimewa dan premium yang kami miliki. Kolaborasi Ini Banyak Dipuja Oleh Masyarakat. Tidak Hanya di industri otomotif tetapi juga orang-orang terkemuka yang tertarik dengan gaya hidup dan mode kelas atas.

Photos ISNU DWIMARTANTO

Styling BUNG BUNG MANGARAJA