Be part of the in-crowd to get the latest
luxury and lifestyle news delivered to your inbox.

Veronica Utami Terus Berupaya untuk Membuka Potensi dan Menuangkan Kreatifitas Masyarakat Indonesia

Profile25 May 2022

By Listya Manopo

Veronica Utami Terus Berupaya untuk Membuka Potensi dan Menuangkan Kreatifitas Masyarakat Indonesia

Minat global, khususnya Indonesia akan konten audio-visual dan video meningkat pesat. Hal ini terlihat jelas dari pertumbuhan penonton YouTube yang mencapai lebih dari 100 juta orang setiap bulannya. Dan kreator adalah salah satu faktor utama yang mendorong pertumbuhan ini.


Menyambangi studio HighEnd untuk melakukan pemotretan dan wawancara, Veronica Utami, terlihat siap dan bersemangat untuk menjalani kegiatan tersebut. Dalam kesehariannya menjalani peran sebagai Marketing Director, Creator & Emerging Products Marketing di YouTube APAC, Veronica bertugas untuk membantu ekosistem kreator di Asia Pasifik, termasuk Indonesia di dalamnya, untuk terus bertumbuh, baik dalam jumlah subscriber maupun revenue melalui produk-produk ataupun program pelatihan yang ditawarkan oleh YouTube.

“Pada saat saya bergabung dengan Google Indonesia di tahun 2015, kreator YouTube di Indonesia dengan jumlah subscriber di atas 1 juta hanya ada satu orang, yang bernama Raditya Dika. Fast forward 7 tahun setelahnya yaitu saat ini, sudah ada lebih dari 1,000 Youtuber Indonesia dengan jumlah subscriber di atas 1 juta. Perkembangan ekosistem kreator di Indonesia ini memang sangat pesat, dan pertumbuhan mereka tidak terpaku pada jumlah subscriber saja, tetapi juga pada ekonomian mereka sendiri,” sebutnya.

Dalam perannya sebagai salah satu pemimpin wanita di Google dan YouTube, Veronica memiliki dua nilai yang diterapkannya ke dalam gaya kepemimpinannya sehari-hari. Yang pertama adalah membantu timnya untuk menemukan passion dan menggunakan kekuatan mereka dalam mengerjakan pekerjaan sehari-hari, karena menurutnya, mereka akan bekerja sebaik mungkin apabila mereka dapat memakai kekuatan yang mereka miliki, serta memastikan bahwa setiap orang memiliki ruang dan waktu untuk menjadi diri mereka sendiri di luar pekerjaan mereka. Yang kedua adalah fokus pada kolaborasi. “Meskipun saya adalah pemimpin di dalam bidang Marketing, saya juga memiliki tugas untuk merangkul orang-orang di luar tim saya agar kita semua dapat menciptakan sesuatu yang inovatif, bersama-sama.” jelasnya.

Menurut Veronica, tanggung jawab sebuah perusahaan teknologi besar seperti Google adalah membuat, menciptakan dan membangun produk-produk yang dapat membantu kehidupan sehari-hari orang banyak. “Dalam perjalanan karir saya di Google dan YouTube selama 7 tahun terakhir ini, itulah yang terus menjadi fokus utama kami. Bagaimana kami menemukan kesempatan-kesempatan tersebut dan memastikan bahwa produk-produk yang diciptakan dapat berguna bagi setiap orang. Mulai dari Google Maps for Motorcycle, Google Search, Google Assistant, Google Duo, bahkan Youtube Go, di mana orang dapat mengakses video dalam keadaan offline.”

Dengan perjalanan karir yang sudah begitu hebat, ternyata Veronica mengambil inspirasi dari kedua orang tuanya sendiri. “Role model terbesar dalam kehidupan saya adalah kedua orang tua saya. Keduanya adalah pendidik; Ayah saya adalah seorang Profesor, dan Ibu saya adalah seorang Dosen. Nilai-nilai yang mereka turunkan ke saya yang paling penting untuk saya ambil dan terapkan adalah kerja keras dan loyalitas terhadap apa yang kita tekuni.”

Sudah mengabdi selama 7 tahun di Google Indonesia, pelajaran berharga yang ia ambil sejalan dengan kutipan terkenal dari film Spider-Man, ‘with great power comes great responsibility.’ “Kita sebagai bagian dari Google Indonesia, dan Google di dunia, memiliki tanggung jawab untuk terus meningkatkan lagi kualitas dan kuantitas produk, agar teknologi dapat berguna dan bermanfaat, juga menjangkau dan membantu orang sebanyak-banyaknya. Memang untuk mencapai semua itu, kita harus mengambil keputusan-keputusan yang tidak mudah, namun kita harus tetap menjalankannya dengan penuh tanggung jawab,” simpulnya.

PHOTO Isnu Dwimartanto

STYLIST Bung Bung Managaraja