Be part of the in-crowd to get the latest
luxury and lifestyle news delivered to your inbox.

Utopia Fashion Dari Film Berlatar Belakang Distopia Arahan Nia Dinata, “A World Without”

Fashion21 October 2021

By Adelia Ayu

Utopia Fashion Dari Film Berlatar Belakang Distopia Arahan Nia Dinata, “A World Without”

Melalui film tanah air terbaru berlatar distopia di era modern arahan Nia Dinata, “A World Without”, beragam tampilan fashion bergaya edgy dan futuristic ditampilkan secara apik dan detail di tiap adegannya.



Dunia perfilman tanah air kembali memberikan kabar baik dan nafas segar. Melalui film terbarunya yang dirilis di streaming platform Netflix, sutradara ternama Nia Dinata berhasil membuat gebrakan melalui pengangkatan isu sosial yang dibungkus secara rapi dalam film “A World Without”. Menceritakan tentang tiga sahabat perempuan, Salina (Amanda Rawles), Tara (Asmara Abigail) dan Ulfah (Maizura) mencari jalan dan jawaban hidup dibawah organisasi 'The Light' yang dikepalai pasangan suami istri, Ali dan Sofia Khan (Chicco Jerikho & Ayushita).


Mengambil latar tahun 2030, kostum para pemain menjadi salah satu elemen penting dalam film ini. Bekerjasama dengan desainer kostum, Tania Soeprapto dan Isabelle Patrice, film “A World Without” menampilkan sejumlah karya desainer fashion Indonesia ternama yang bergaya futuristik. Mencerminkan sisi dunia distopia melalui warna dan pola, berikut deretan kostum dari film “A World Without” yang dapat Anda saksikan di Netflix mulai 14 Oktober 2021:


One’s True Stripes



Salah satu tokoh utama “A World Without” yang sekaligus menjadi founder organisasi The Light, Sofia Khan, memiliki karakter hangat namun tegas. Karakter tokoh yang diperankan oleh Ayushita ini tercermin melalui outfit blazer bermotif stripes dengan dua warna primer yang memberi kesan bold dan sharp. Pemakaian turtle neck dress berwarna abu-abu semakin menambah kesan misterius pada sosok Sofia.


The Teenage Dream



Sebagai remaja putri yang masih meraba-raba masa depan, sifat polos kaum muda dari karakter Tara dan Ulfah dicerminkan melalui pemilihan outfit bergaya kasual nan ringan. Tara yang berkarakter edgy tampil unik mengenakan sleeveless jacket berwarna merah muda yang berbeda dengan Ulfah yang kalem dan berorientasi sosial yang lebih memilih pieces simpel seperti kemeja berwarna biru.


The Dream Chaser



Tokoh Salina yang diperankan oleh Amanda Rawles adalah sosok remaja yang ambisius dan sangat mengaggumi cara pikir pemimpin The Light, Ali Khan. Digambarkan sebagai seorang yang kutu buku, Salina tampil simpel dengan kemeja kuning beraksen button pada bahu yang dipermanis dengan tambahan sling bag dan kacamata layaknya seorang nerd.


The Modern Days Savior



Setiap organisasi yang bersifat tertutup, selalu mengidolakan sesosok pemimpin yang dianggap bisa membawa para pengikutnya ke kehidupan yang lebih baik.tokoh pemimpin organisasi The Light, Ali Khan yang pandai berbicara, pantang menyerah dan lugas diperankan dengan baik oleh Chicco Jerikho melalui peran dan kostum. Oversized striped blazer dan kemeja putih memberi kesan profesional sekaligus powerful pada tokoh Ali.


The Agent of Change



Menghadirkan semangat ‘Agent of Change’ bagi para anggotanya, The Light memiliki aturan-aturan tidak logis yang dipercaya membawa transformasi bagi anggotanya. Layaknya organisasi eksklusif, The Light juga memiliki seragam resminya sendiri. Coat berwarna-warni yang merefleksikan keceriaan remaja berpadu pas dengan aksen rumbai pada branding logo di bagian belakang.


Asymmetrical Life



Tokoh Sofia kental dengan busana asimetris yang kerap digunakannya. Dalam foto di atas, Ia tampak cantik mengenakan sleeveless blouse berpita dengan aksen coat lengan panjang pada bagian kiri. Sisi asimetris dipercaya merefleksikan dua sisi yang tidak sama dalam satu keadaan atau diri manusia.


The Gone Girl


Sebelum resmi menjadi anggota The Light, tokoh Tara adalah tipe remaja yang ceplas-ceplos, bold dan sering tampil eksentrik. Karakter ini terlihat dari pemilihan pakaian bergaya rock chic dari denim jaket dan blus hitam beraksen kaca mosaik yang dipadu dengan purse berantai silver. Penggunaan makeup gothic juga menunjukkan Tara yang sedang aktif mencari pengakuan dan jati diri yang akhirnya mengantar dirinya ke pintu gerbang The Light.


The Charismatic Leaders



Layaknya organisasi eksklusif di seluruh dunia, tokoh pemimpin yang karismatik dengan segudang misteri di belakangnya selalu berhasil menjaring jiwa-jiwa yang membutuhkan tujuan hidup. Ali (Chicco Jerikho) dan Sofia Khan (Ayushita) tampak tampil serasi menggunakan elemen putih pada kemeja dan dress. Aksen pita dan motif garis yang dikenakan keduanya seakan menyiratkan sebuah rahasia yang tersembunyi dibalik sosok karismatik mereka.