Share
Usung Tema yang Berbeda, Indonesia Comic Con Pop Asia 2023 Sukses Digelar!
Dewi Anggriani Siregar
04 July 2023

Comic Con Indo tahun ini kembali hadir dengan tema yang berbeda. Gelaran Indonesia Comic Con 2023 sukses diselenggarakan pada 23-25 Juni di Hall A dan Hall B, Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat. Tahun ini, Indonesia Comic Con dibagi menjadi dua penyelenggaran yakni akhir pekan ini dan November mendatang.


Acara Indonesia Comic Con 2023 diresmikan secara langsung oleh Direktur Pengembangan Ekspor Jasa dan Produk Kreatif Kemendag, Dr. Miftah Farid dengan disaksikan oleh perwakilan Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Pemprov DKI Jakarta, Ifan dan Andita Tirtawisata, selaku Project Manager Indonesia Comic Con. Pemerintah berharap event ini dapat digelar secara berkala dan menjadi kolaborasi kreatif antar pelaku industri dan pemerintah. Indonesia Comic Con ini juga diharapkan mampu memotivasi anak bangsa untuk terus berkarya dan melakukan ekspansi di pasar mancanegara.

Indonesia Comic Con Pop Asia 2023 diisi oleh berbagai komikus ternama. Di antaranya ada Fajar Hadria Putra, Maghfirare, Archifriend, Hendry Prasetya, dan Mice Cartoon. Beyondtopia juga menghadirkan Bryan Valenza, Gerrie Gastony, Alti Firmansyah, Yusuf Idris, Arif Numbo, Rahmat Handoko, Ian Waryanto, Sami Basri, Aris Naka, Chis Arieswenda.

Untuk pencinta cosplayer, Indonesia Comic Con menghadirkan tiga international cosplayer, Xiaoyukiko, Hikarin, dan Reika, dan juga lokal cosplayer Rian CYD dan Yumaki. Selain guest, Indonesia Comic Con juga membuat zoning cosplayer yang nantinya juga akan ikut serta dalam acara Indonesia Comic Con.

Untuk pencinta vtuber, Indonesia Comic Con menghadirkan empat vtuber ternama dari Hololive Indonesia, Airani Iofifteen, Anya Melfissa, Kurenji Ollie, dan Vestia Zeta, dan vtuber dari maha5 yaitu Andi Adinata, Alia Adelia, Hera Garalea, Ririsu Mavveine, Mero Merodi, dan Daisy Ignacia.

Bagi para pencinta perfilman, Indonesia Comic Con bekerjasama dengan production house yang melakukan movie campaign yaitu Petulangan Sherina 2 yang akan dihadiri oleh Mira Lesmana sebagai produser, Riri Riza sebagai Director, dan juga Derby Romero, Ardit Erwandha, Randy Danishta yang akan membahas film Petualangan Sherina 2 yang akan segera tayang.

Selain Tema Pop Asia yang menjadi yang pertama kalinya sepanjang penyelenggaraan acara Indonesia Comic Con, untuk pertama kalinya pula Indonesia Comic Con menyuguhkan konser After Dark sebagai persembahan penutup acara Comic Con pada setiap malamnya. Sementara itu bagi para pecinta musik, konser ini memberikan pengalaman orisinal khas Indonesia Comic Con. Sejumlah performer, DJ, dan singer lokal dan internasional juga mengisi line up konserAfter Dark ini.