Umumkan Uji Coba, Instagram Hadirkan Fitur NFT Pekan ini
Dewi Anggriani Siregar
12 May 2022

Instagram akan lakukan uji coba dengan menghadirkan fitur NFT minggu ini.


Belakangan ini istilah Non-Fungible Token (NFT) santer diperbincangkan. Dengan nilai transaksi aset digital yang tinggi, NFT berhasil menarik perhatian publik dan membuat banyak orang penasaran. NFT sendiri merupakan sebuah aset digital yang mewakili objek dunia nyata seperti karya seni, musik, gambar, atau video yang bisa digunakan sebagai bukti kepemilikian dan dapat diperjual belikan secara online dengan mata uang kripto.

Pekan ini, Instagram yang merupakan media sosial milik Meta diketahui akan melakukan uji coba dengan menghadirkan fitur NFT. Beberapa kolektor dan para kreator terpilih dari Amerika Serikat (AS) dapat memanfaatkan fitur baru tersebut untuk membagikan koleksi digital mereka di Instagram. Pengguna nantinya bisa menampilkan NFT mereka di feed, stories, dan direct messages yang dapat dibeli secara langsung oleh para peminatnya. Meta juga mengungkapkan bahwa para pengguna yang membagikan koleksi digitalnya tidak akan dikenakan biaya apapun.

Nantinya, koleksi NFT ini akan diberi tampilan tag (tanda) bernama 'digital collectibles'. Tag tersebut akan menampilkan detail dari NFT yang dijual apabila diklik, seperti detail tentang siapa pembuat dan penjualnya. Diketahui bahwa fitur NFT yang dihadirkan di Instagram merupakan NFT yang dicetak di blockchain Ethereum dan Polygon. Namun hal ini tidak serta merta menutup kemungkinan untuk bergabungnya blockhain lain seperti Solana dan Flow. Selain mengonfirmasi bahwa Instagram akan menampilkan fitur NFT, Meta Mark Zuckerberg juga mengungkapkan bahwa fitur NFT ini juga akan hadir di Facebook.