Turut Membantu Menyelamatkan Bumi, Mari Lakukan Kegiatan Yang Hemat Energi
Vina Meliana
30 March 2022

Pemanasan global merupakan salah satu yang penyebab rusaknya bumi. Hal ini sebenarnya diakibatkan oleh kegiatan manusia yang cenderung sulit untuk menghemat energi.


Kegiatan manusia tidak lepas dari bantuan energi yang dihasilkan oleh listrik sehingga membuat energi semakin terkuras. Terutama pada siang hari, di mana kondisi panas membuat kebanyakan orang menggunakan pendingin ruangan untuk menyejukan dan menyegarkan ruangan.

Satu sisi yang jarang diperhatikan oleh orang-orang bahwa energi yang terkuras dapat membuat kondisi bumi akan semakin parah dan akhirnya akan memicu pemanasan global. Oleh karena itu untuk mengurangi pemanasan global, bisa dimulai dari hal sederhana yaitu dengan mengurangi berbagai aktivitas manusia yang dapat menguras energi. Berikut cara mudah untuk menghemat energi, yang dapat Anda terapkan di rumah Anda.

Memanfaatkan Cahaya Matahari Sebagai Lampu

Matahari dapat menjadi penerangan alami ketika cahayanya dapat masuk ke ruangan Anda jika terdapat ventilasi di ruangan tersebut. Maka untuk menghemat energi, pastikan Anda menggunakan cahaya alami dari sinar matahari yang fungsinya menggantikan lampu pada siang hari.

Sedangkan pada malam hari, Anda tidak bisa memanfaatkan bintang sebagai cahaya alami untuk penerangan. Maka Anda bisa gunakan lampu yang hemat energi dan untuk mengupayakan hemat energi yang maksimal. Gunakan lampu seperlunya saja dan matikan lampu ketika Anda tidak sedang menjalankan aktifitas di dalam ruangan.

Cabut Kabel Listrik

Pemakaian listrik memang sulit untuk dihindari karena kebanyakan peralatan sudah seluruhnya menggunakan listrik. Maka Anda bisa menghemat pemakaian listrik yang ada di rumah dengan mencabutnya setelah selesai digunakan. Hal tersebut dilakukan supaya dapat mengurangi penggunaan listrik yang berlebihan yang akan memicu pada tagihan yang bengkak akibat aliran listrik yang terbuang secara sia-sia.

Gunakan Peralatan Yang Hemat Energi

Penggunaan peralatan yang hemat energi merupakan solusi untuk Anda yang ingin menggunakan sejumlah peralatan, namun masih ragu apakah penggunaan listrik akan menjadi boros. Dengan penggunaan barang hemat energi dapat memberikan Anda kenyamanan dalam pemakaian listrik. Contohnya seperti menggunakan peralatan dengan daya watt yang rendah dan juga lampu yang hemat energi supaya Anda dapat menghemat pemakaian energi di rumah.