Share
IBW 2022: Turunkan Jiwa Sosial kepada Sang Anak, Ria Rusli Nikmati Peran sebagai Seorang Ibu
Dewi Anggriani Siregar
06 April 2022

Kartini bagi saya adalah bagaimana wanita bisa menjadi sosok panutan yang lebih baik lagi, menjadi orang yang bermanfaat dan berguna bagi sesamanya, serta saling melindungi banyak orang.


Sebagai salah satu tokoh yang membawa pengaruh besar bagi kehidupan para wanita, Kartini dan perempuan-perempuan hebat lain di luar sana tentu juga terlahir dari rahim seorang wanita hebat dan kuat, yakni sosok sang Ibu yang telah melahirkan dan merawat dengan sepenuh hati.

Menjadi seorang ibu rumah tangga tentu bukanlah suatu pekerjaan mudah. Seorang ibu rumah tangga dituntut untuk multitasking dan memegang amanah serta tanggung jawab yang besar. Namun, besarnya tanggung jawab tersebut tidak serta-merta menghalangi langkah Ria Rusli untuk tetap merawat dan memupuk jiwa sosial serta kepeduliannya terhadap sesama.

Selain menjadi ibu dari 5 orang anak, Ria Rusli aktif dalam berbagai kegiatan sosial. Baginya, kegiatan sosial merupakan salah satu cara paling mulia untuk memberikan contoh yang baik kepada anak-anaknya.

Tergerak dari hati nuraninya, Ria Rusli tidak pernah menyerah untuk membantu dan melakukan kegiatan sosial. “Saya melakukan kegiatan sosial karena tergerak dari hati nurani saya. Bagi saya, sebagai manusia kita harus saling membantu antar sesama. Walaupun apa yang saya berikan mungkin tidak terlalu banyak, tapi saya tidak ingin melihat orang-orang di sekitar saya kesusahan. Sedikit berbagi asalkan mereka bahagia.” Jelasnya.

Kebiasaannya berkegiatan sosial ini sudah dilakukan sejak dirinya masih duduk di bangku kuliah. Berawal dari hal-hal kecil seperti berbagi ke para pedagang, teman-teman. Kebiasaan mulia itu pun kini menjadi suatu hal yang tidak bisa ia tinggalkan.

Menurutnya, sangat penting untuk memberikan pelajaran berbagi kepada anak-anak sejak dini. Bagaimana kita harus peduli terhadap sesama, dan saling memberi. Ria juga mengatakan bahwa ia membiasakan anak-anaknya turun ke jalan secara langsung untuk menumbuhkan kepedulian itu dan saling mengenal sesama.

Saat ini, anak pertamanya pun sudah mendirikan kegiatan sosial sendiri yang diberi nama, ‘See For Care’. Meskipun dilakukan di tengah padatnya aktivitas sekolah, namun tekad kuatnya mampu membawa langkah mulianya ini untuk berbagi dan menjangkau tempat-tempat yang bahkan Ria sendiri belum pernah singgahi karena keterbatasan kondisi dan situasi yang tidak memungkinkan.

Sementara itu Ria Rusli tidak kuasa mengutarakan rasa bangganya terhadap anak-anaknya yang saat ini tengah melanjutkan jejaknya dan aktif berkegiatan sosial.

“Saya sangat bangga sekali karena anak-anak sudah memahami dan mulai mengerti tujuan saya dalam berbagi. Mereka sudah paham bagaimana orang-orang di sekitar mereka, orang-orang yang membutuhkan, dan masih banyak orang-orang di bawah kita yang harus kita sikapi dengan bijak. Alhamdulillah, anak-anak saya sudah paham bahwa di dalam kehidupan itu modal utama kita adalah berbagi terhadap sesame dan ikut merasakan apa yang mereka rasakan. Kita mungkin tidak bisa membantu sepenuhnya, setidaknya kita bisa memberikan sedikit senyuman untuk mereka walaupun mungkin itu tidak bisa mengatasi kesulitan mereka selama ini.”

Sementara itu Ria mengaku bahwa akhir-akhir ini dirinya mulai mengurangi aktivitas untuk bertemu secara langsung dengan orang-orang yang ia bantu. Hal ini ia lakukan untuk menjaga emosi dan perasaannya.

Selain berbagi cerita seputar kegiatan sosialnya, Ria juga bercerita tentang fashion style andalannya. Baginya, keutamaan dari penampilan adalah simpel dan mampu memberikan rasa nyaman. Ia pribadi cenderung lebih menyukai busana bernuansa hitam atau soft.

Bicara tentang fashion style yang merupakan salah satu penunjang kecantikan, Ria juga mengatakan bahwa kecantikan sesungguhnya berasal dari jiwa. Ketika kita memiliki jiwa yang cantik, maka secara otomatis aura positif dan kecantikan akan terpancar dengan sendirinya.

Acara penghargaan Indonesia’s Beautiful Women ini dapat disaksikan secara langsung melalui platform YouTube majalah HighEnd pada tanggal 12 April 2022, pada pukul 15.00 WIB. Anda dapat mengaksesnya pada link ini.

Photos Febi Ramdhan