Share
Turunkan Berat Badan dan Perbaiki Metabolisme Anda dengan Beragam Jenis Teh Diet Ini
Clara Enocensia
19 February 2022

Mengonsumsi secangkir teh tak hanya menenangkan, tetapi juga menyehatkan sekaligus membantu Anda menurunkan berat badan.


Teh terkenal mampu menenangkan sakit tenggorokan dan bahkan membantu mencegah kanker dan diabetes. Hebatnya lagi beberapa jenis teh juga mampu membantu Anda menurunkan berat badan. Hal ini terjadi sebab didalam teh tanpa gula, tidak terkandung kalori sama sekali.

Bahkan jenis teh tertentu mengandung senyawa yang membantu pembakaran lemak. Berikut ini jenis teh yang bisa membantu proses penurunan berat badan.

1. Teh Hijau

Popularitas teh hijau memang tak perlu diragukan lagi. Teh hijau bahkan memainkan peran penting dalam metabolisme lemak, yakni menekan pembentukan lemak atau adipogenesis dan meningkatkan pembakaran kalori melalui termogenesis. Ini disinyalir berkat kandungan katekin epigallocatechin gallate (EGCG) di dalamnya.

Penelitian membuktikan bahwa konsumsi teh hijau dapat menurunkan indeks massa tubuh dan berat badan.

2. Teh Oolong

Meskipun teh hijau telah lama dianggap sebagai varietas paling unggul untuk menurunkan berat badan, tetapi beberapa peneliti percaya bahwa teh oolong yang merupakan perpaduan antara teh hijau dan hitam bisa jadi memiliki efek yang lebih kuat.

Teh oolong membuat tubuh mengalami termogenesis, kondisi saat tubuh menghasilkan panas dari energi, sehingga membakar lebih banyak kalori, dan menekan produksi sel-sel lemak baru.

3. Teh hibiscus

Teh hibiscus atau teh kembang sepatu menjadi salah satu teh diet yang dianggap efektif untuk menurunkan berat badan. Teh diet ini termasuk teh herbal yang dibuat dari kembang sepatu dikeringkan. Rasanya cukup asam dan tajam. Teh hibiscus menawarkan katekin yang terbukti membantu menurunkan tekanan darah dan kolesterol.