Share
Tunjukkan Pesona Alam Indonesia, YKAN Gelar Pameran Foto Terbaik dari Indonesia
Dewi Anggriani Siregar
15 November 2023

YKAN mengumumkan 13 pemenang “Kontes Foto Misi Lestari 2023: See Nature.” dalam acara pembukaan pameran fotonya. Selama seminggu, YKAN mengajak publik mengenal lebih jauh keindahan alam Indonesia melalui lensa kamera rangkaian coaching clinic dan talk show.


Bicara tentang pesona dan keindahan alam Indonesia memang tidak pernah ada habisnya. Untuk itu, Yayasan Konservasi Alam Nusantara (YKAN) mengadakan pameran 150 foto terbaik dari fotografer Indonesia yang mengikuti lomba foto global melalui rangkaian “Misi Lestari 2023: See Nature.” Pengunjung dapat menikmati keindahan alam Indonesia yang telah diabadikan melalui lensa selama 13-19 November 2023, di Senayan City lantai Lower Ground. Selain pameran foto, YKAN mengadakan rangkaian coaching clinic dan talk show yang diberikan oleh para juri lomba foto dan mitra.

Tahun ini, YKAN jugamendukung kegiatan Global Photo Contest yang diadakan mitra globalnya, The Nature Conservancy, selama 30 Agustus hingga 29 September 2023. Kompetisi foto tahun ini bertema “See Nature” diikuti oleh sekitar 192 ribu peserta dari berbagai negara, termasuk Indonesia. Tidak kurang dari 23 ribu foto dari Indonesia diunggah dalam ajang global ini dan 150 foto di antaranya terpilih untuk mengikuti kontes foto lokal dengan juri-juri yang terkenal andal dalam bidang fotografi. Para juri Kontes Foto Lokal Misi Lestari 2023 adalah Arbain Rambey, Riza Marlon, dan Marrysa Tunjung Sari.

YKAN FOTO

“Dalam kontes foto lokal ini ada 12 pemenang dari masing-masing kategori dan satu pemenang utama. Pemenang utama berkesempatan untuk berkunjung ke Berau, salah satu lokasi kerja YKAN,” terang Direktur Komunikasi YKAN Priscilla Christin. Berikut pemenang dari masing-masing kategori:

1. Manusia dan Alam: Andry Denisah
2. Tumbuhan dan Jamur: Pujo Purnomo
3. Mamalia: Tinton Aryo
4. Burung: Gunawan Santoso
5. Reptil & Amfibi: Aqil Fadhlullah
6. Foto dari Udara: Iwan van Wilan
7. Iklim: Andria Dwi Saputra
8. Kehidupan Bawah Laut: Vincent Polii
9. Air Tawar: Azizah Magfirah
10. Daratan: Muhamad Akbar
11. Serangga & Arachnida: Machicha Ayu Salsabila
12. Perairan: Kuwadi

Pemenang Utama: Ridha Anshari

Selain dari sisi teknis, para juri menilai beberapa kualitas penting dari tiap-tiap foto, antara lain kejujuran, orisinalitas ide, dan kesulitan atau kelangkaan mendapatkan momen atau obyek foto. “Kejujuran fotografer saat mengabadikan gambar menentukan nilai sebuah foto. Hasil setting atau tidak, apakah menyakiti satwa atau melanggar kaidah etika foto binatang, menjadi bagian dari pertimbangan kami,” jelas Riza Marlon, fotografer kawakan yang juga pionir dalam dunia fotografi alam liar saat bincang-bincang dalam Dialog Konservasi yang sekaligus secara resmi membuka pameran foto.