Treatment Kecantikan yang Bisa Anda Lakukan untuk Menghilangkan Bekas Jerawat
Clara Enocensia
20 May 2022

Berbagai treatment kecantikan yang dapat Anda lakukan untuk meminimalisir bekas jerawat yang membuat tekstur dan warna kulit menjadi tidak merata, berikut ulasannya.


Seperti yang kita ketahui, bekas jerawat lebih sulit hilang dibandingkan jerawat itu sendiri. Bekas-bekas yang timbul di area wajah, seringkali membuat Anda tidak percaya diri dan menampilan pun menjadi kurang maksimal. Meskipun banyak produk penghilang bekas jerawat, sayangnya mereka tidak sepenuhnya menyembuhkan.

Anda dapat melakukan treatment kecantikan untuk meminimalisir bekas jerawat, namun pastikan Anda memeriksakannya terlebih dahulu ke rumah sakit dan mendiskusikannya dengan dokter kulit sebelum melakukan tindakan apapun. Perawatan untuk menghilangkan bekas luka jerawat yang bisa dilakukan, antara lain:

1. Chemical Peels

Treatment ini mampu menghilangkan bekas jerawat dan hiperpigmentasi pasca-inflamasi di sekitar lesi jerawat yang sudah sembuh. Metode pengelupasan yang melibatkan bahan kimia ini bertujuan untuk menghilangkan lapisan luar bekas jerawat pada kulit.

Kemudian kulit akan menjadi lebih halus dan warnanya lebih merata. Pastikan Anda melakukan treatment ini dengan bantuan dokter, perawat, praktisi perawat, atau ahli estetika yang telah memiliki lisensi.

2. Laser

Sama seperti treatment sebelumnya, metode yang digunakan adalah menghilangkan lapisan luar kulit, terutama kontur area bekas jerawat.

Namun perawatan kali ini menggunakan laser, yang dinilai dapat meringankan kemerahan di sekitar lesi jerawat yang telah sembuh. Jenis laser yang digunakan akan disesuaikan dengan jenis bekas jerawat pada kulit.

3. Fillers

Treatment ini menggunakan zat seperti kolagen, asam hialuronat, atau lemak yang dapat digunakan untuk mengisi bekas jerawat tertentu, terutama yang menimbulkan tekstur cekung pada kulit.

Karena bahan pengisinya dapat diserap oleh kulit, maka Anda harus mengulangi suntikan fillers tersebut beberapa bulan sekali, tergantung jenis filler yang digunakan.