Be part of the in-crowd to get the latest
luxury and lifestyle news delivered to your inbox.

Tradisi Unik Perayaan Hari Natal dari Berbagai Negara di Dunia

Art & Culture20 December 2021

By Clara Enocensia

Tradisi Unik Perayaan Hari Natal dari Berbagai Negara di Dunia

Di berbagai belahan dunia perayaan Natal memiliki beragam tradisi yang meriah.


Hari Natal selalu ditunggu-tunggu masyarakat dunia, karena banyak hal spesial yang dihadirkan. Tak lepas dari sosok Sinterklas, pohon Natal, hadiah, dan perayaan yang sangat meriah menjadikan hari natal sangat berkesan. Mulai dari membuat patung kambing jerami raksasa hingga kutia yang membuat keluarga tetap hangat selama musim dingin di Ukraina.

1. Swedia

Kambing Yule adalah simbol Natal di Swedia yang berasal dari festival pagan kuno. Namun pada 1966, tradisi tersebut diperbarui setelah muncul ide untuk membuat kambing jerami raksasa, yang sekarang disebut sebagai Kambing Gävle.

Diketahui, kambing itu memiliki tinggi lebih dari 42 kaki (12,8 meter), lebar 23 kaki (7,01 meter), dan berat 3,6 ton. Setiap tahun, kambing besar dibangun di tempat yang sama. Masyarakat bahkan dapat menonton siaran langsung dari pekan pertama Adven hingga setelah Tahun Baru ketika video itu disiarkan.

2. Jepang

Perayaan Natal di Jepang terbilang unik. Sejak 1970, setiap malam Natal mereka selalu makan ayam goreng yang dibeli di restoran cepat saji.

3. Filipina

Festival Lampion Raksasa diadakan setiap tahun pada hari Sabtu sebelum Malam Natal di kota San Fernando. Festival ini menarik banyak penonton dari seluruh dunia.

Sebelas desa mengambil bagian dalam festival tersebut. Awalnya, lampion adalah kreasi sederhana dengan diameter sekitar 50 cm yang terbuat dari kertas origami Jepang dan dinyalakan dengan lilin. Kini, lampion dibuat dari berbagai bahan dan telah tumbuh hingga berukuran sekitar enam meter.

4. Ukraina

Masyarakat Ukraina merayakan Hari Natal pada 7 Januari dengan mengenakan pakaian tradisional dan berjalan-jalan menyanyikan lagu-lagu pujian di tengah kota. Hidangan yang selalu ada dalam tradisi Natal di Ukraina adalah kutia, terbuat dari gandum matang yang dicampur dengan madu, biji poppy, dan terkadang kacang-kacangan.