Share
Torehkan Sejarah, Son Heung-min Jadi Pemain Asia Pertama yang Cetak 100 Gol di Premier League
Dewi Anggriani Siregar
10 April 2023

Pesepak bola asal Korea, Son Heung-min, torehkan sejarah sebagai Pemain Asia Pertama yang berhasil mencetak 100 Gol di Premier League pada Sabtu, 9 April 2023.


Son Heung-min mencapai seratus gol pertamanya pada menit ke-10 saat melawan Brighton Hove Albion di Tottenham Hotspur Stadium, London. Son Heung-min merupakan satu-satunya pemain Asia di antara 34 pemain yang telah mencetak 100 gol di Premier League. Jika ditotal secara keseluruhan, Son Heung-min bahkan telah mencetak sebanyak 142 gol untuk Tottenham Hotspur.

Dikenal sebagai striker top Asia yang tampil gemilang di sepakbola Eropa, Son Heung-min sebelumnya juga pernah menjadi pemain Asia pertama yang memenangkan Sepatu Emas di Liga Inggris dan sukses mencetak 23 gol di Liga Inggris 2021-2022 untuk Tottenham Hotspur.

Pesepak bola berusia 30 tahun tersebut mengawali karirnya di Eropa saat masih remaja dan bergabung bersama klub Jerman Hamburger SV dan mencetak gol pada debut Bundesliganya pada Oktober 2010, melawan FC Köln. Pada Agustus 2015, Son Heung-min meninggalkan Bayern Leverkusen dan bergabung dengan Tottenham Hotspur.