Inilah Top 10 Fashion Moments Sepanjang Tahun 2019

Fashion18 December 2019

By Larasati Oetomo

Inilah Top 10 Fashion Moments Sepanjang Tahun 2019

Menutup tahun 2019, HighEnd merekap 10 momen fesyen terbaik sepanjang tahun—mulai dari Lady Gaga, Karl Lagerfeld, hingga Kate Middleton.


#1 Koleksi Anumerta Karl Lagerfeld untuk Chanel

Setelah kepergian desainer ikonik Karl Lagerfeld pada awal tahun 2019, berbagai label di bawah naungannya seperti Fendi dan Chanel berlomba-lomba menampikkan yang terbaik bagi sang mendiang. Chanel RTW F/W 2019 Fashion Show mengundang tangis haru terutama ketika di bagian klimaks acara, di mana Virginie Viard selaku penerus Karl mempersembahkan koleksi terakhir perancang asal Jerman untuk Chanel.

#2 Parade Sirkus Lady Gaga di Met Gala

Met Gala selalu melahirkan momen fesyen terbaik setiap tahunnya, tak terkecuali pada edisi Camp: Notes on Fashion pertengahan tahun lalu. Lady Gaga tampil sebagai “main course” dari Costume Institute dengan mengenakan empat outfit sekaligus termasuk gaun spektakuler hingga lingerie vynil dan stoking jaring.

#3 Belle du Cannes: Elle Fanning

Sebagai salah satu juri terhormat dari Festival Film Cannes, Elle Fanning tidak hanya memukau berkat perannya, namun juga berkat penampilan karpet merahnya yang selalu memanglingkan. Salah satunya, gaun berbunga dengan tata rambut kepangnya yang ikonik.

#4 Kembali ke Masa Depan bersama Kim Jones

Pada koleksi ketiganya dalam 8 bulan pertama bersama Dior Men, Kim Jones memukau kritikus fesyen dunia dengan pergelaran busana Fall 2019. Ia tak hanya menampilkan sederet kostum yang begitu indah hingga membuatnya didaulat sebagai Menswear Designer of The Year oleh British Fashion Awards. Ia juga mencuri perhatian dengan penggunaan travelator sepanjang runway di mana para model tampil berpose bak patung Yunani.

#5 Kampanye Pro-Choice Gucci

Pada pergelaran busana koleksi Cruise 2020-nya bulan Mei lalu, Alessandro Michele mengampanyekan sikap ­pro-choice untuk tubuh wanita dengan cara-cara yang cukup ekstrem, termasuk memperagakan gaun bergambar uterus yang dibordir di bagian pelvis model.

#6 Giambattista Valli X H&M

H&M telah berkolaborasi dengan banyak perancang sebelumnya, termasuk MM6 Maison Margiela, Balmain, dan Moschino. Belum lama ini, H&M menggandeng Kendall Jenner untuk memeragakan koleksi kolaborasi dengan Giambattista Valli. Gaun-gaun couture dari Giambattista Valli ini dibanderol dengan harga mulai dari 2 juta rupiah saja.

#7 Eksperimen Eksentrik Cara Delevingne

Cara Delevingne menarik perhatian media ketika tampil mengenakan jumpsuit dari Guy Laroche di acara #GirlHero Awards. Pasalnya, jumpsuit tersebut berlubang-lubang di nyaris seluruh permukaannya. Saking kontroversialnya, The Sun sampai bereksperimen dengan meminta seorang model mengenakan jumpsuit serupa di sebuah kota kecil di Inggris dan merekam reaksi semua orang yang melihatnya.

#8 Kate Middleton sang Diplomat Mode

The Duchess of Cambridge belum lama ini menuai berbagai pujian ketika ia melakukan kunjungan diplomasi ke Pakistan bersama sang suami. Kate senantiasa tampil anggun dengan berbagai busana sarat budaya Timur Tengah, termasuk mengenakan hijab dan gamis berwarna zamrud yang cantik ketika berkunjung ke salah satu Masjid Agung di Pakistan.

#9 Kebangkitan Valentino di Beijing

Pierpaolo Piccioli mencuri perhatian di akhir tahun dengan koleksi haute couture yang dihelat di Beijing, Tiongkok. Koleksi yang memadukan budaya aristokrat Tiongkok dan Renaisans Italia ini memberi gairah baru pada dunia adibusana. Ia menerbangkan 45 ahli jahit ke Tiongkok untuk membuat 45 tampilan di koleksi ini. Bahkan, beberapa tampilan membutuhkan kain sebesar 350m, 32.000 sequin perak, hingga 600m tulle yang memakan waktu 1.300 jam untuk dijahit.

#10 Dior Bergabung ke Bandwagon Streetwear

Nike dan Dior merupakan salah satu kolaborasi Luxury X Streetwear teranyar dengan merilis DIOR x Air Jordan 1 pada awal Desember lalu. Sepasang sepatu yang dibanderol sekitar $2.000 ini akan hadir di pasaran pada April 2020. Sepatu ini menampikkan monogram Dior pada sisi luar sepatu yang dibentuk sesuai logo Nike.