Be part of the in-crowd to get the latest
luxury and lifestyle news delivered to your inbox.

Tips yang Telah Terbukti Efektif untuk Meningkatkan Kualitas Tidur

Wellness14 November 2021

By Clara Enocensia

Tips yang Telah Terbukti Efektif untuk Meningkatkan Kualitas Tidur

Tingkatkan kualitas tidur Anda dengan beberapa tips berikut.


Tanpa kita sadari, kualitas tidur yang baik dapat menunjang aktivitas sehari-hari, dan sebaliknya apabila kualitas tidur terganggu bisa menyebabkan masalah kesehatan hingga stress. Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk memperbaiki kualitas tidur Anda, mari simak ulasan berikut.

1. Matikan lampu kamar tidur

Produksi hormon melatonin berfungsi untuk memicu rasa kantuk. Namun produksi hormon tersebut bisa terhambat karena adanya paparan cahaya. Dianjurkan untuk mengkondisikan ruangan menjadi gelap, matikan lampu utama dan lampu tidur supaya produksi melatonin tidak terhambat. Sehingga tidur akan lebih berkualitas.

2. Matikan gadget

Gadget memancarkan sinar biru yang dapat menghambat produksi melatonin dan mengurangi rasa kantuk. Hal ini juga mengganggu dua tahapan awal menjelang tidur yaitu fase slow-wave dan rapid-eye movement (REM). Sebab dapat menurunkan kualitas tidur, usahakan untuk tidak menggunakan gadget sebelum tidur dan letakan jauh dari jangkauan agar Anda tidak tergoda untuk menggunakan.

3. Hindari bekerja di dalam kamar

Jika kamar tidur juga difungsikan sebagai ruang kerja, otak tidak lagi mengasosiasikan kamar tidur sebagai ruang untuk tidur. Akibatnya, waktu istirahat Anda menjadi terganggu. Bekerjalah di ruang kerja khusus dan pergilah ke kamar hanya jika Anda ingin tidur. Dengan begitu tubuh akan lebih rileks dan membuat Anda cepat terlelap.