Be part of the in-crowd to get the latest
luxury and lifestyle news delivered to your inbox.

Tips untuk Menentukan Frame Kacamata Sesuai dengan Bentuk Wajah

Fashion23 May 2022

By Clara Enocensia

Tips untuk Menentukan Frame Kacamata Sesuai dengan Bentuk Wajah

Memakai kacamata untuk kebutuhan ataupun sebagai fashion item untuk menunjang penampilan, inilah tips untuk memilih frame kacamata sesuai dengan bentuk wajah Anda.


Kacamata merupakan kebutuhan bagi sebagian perempuan dengan kondisi kesehatan mata yang kurang baik. Tapi kini, telah berubah menjadi item fashion penunjang penampilan. Namun, banyaknya bentuk kacamata membuat kita menjadi bingung untuk memilih bentuk mana yang pas untuk wajah. Mari simak ulasan berikut mengenai tips untuk memilih kacamata sesuai bentuk wajah.

1. Frame Wayfarer untuk Wajah Bulat

Wajah bulat ditandai dengan tulang pipi yang samar. Oleh sebab itu, hindari memilih frame atau bingkai kacamata yang bulat karena justru membuat wajah Anda semakin bulat. Sebaliknya, sebaiknya pilih kacamata dengan bingkai kotak dengan ujung-ujung runcing seperti wayfarer.

2. Frame Oval untuk Wajah Tegas

Jika Anda memiliki lebar dahi, tulang pipi, dan jawline yang sama namun merasa bahwa rahang Anda lebih tajam, maka Anda memiliki wajah berbentuk persegi. Bentuk kacamata yang sesuai bentuk wajah persegi adalah kacamata bulat atau oval.

Kebalikan dari bentuk wajah bulat, Anda yang berwajah persegi harus menghindari kacamata berbentuk persegi atau bersudut. Kacamata berbentuk persegi akan memberikan wajah Anda terlalu banyak sudut, sehingga penampilan menjadi tidak seimbang.

3. Frame Cat Eye untuk Wajah Oval

Wajah oval ditandai dengan dahi dan rahang yang luas, tapi luas rahang sedikit lebih sempit dari dahi. Pemilik wajah oval sebenarnya tak perlu bingung memilih bingkai kacamata karena hampir semua model kacamata cocok untuk orang berwajah oval. Meski begitu sebaiknya pilih kacamata dengan bingkai bulat untuk menyempurnakan garis alami wajah.