Share
Tips & Trik Mengembalikan Kilau Rambut Anda yang Semula Kering Akibat Alat Styling
Clara Enocensia
06 March 2022

Penyebab kerusakan rambut yang paling utama umumnya adalah terlalu sering melakukan styling.


Penggunaan heat hair tools seperti catok dan hair dryer bisa menyebabkan rambut menjadi kering apabila terus menerus digunakan pada rambut. Tak hanya itu, styling seperti bleaching dan smoothing juga akan menyebabkan rambut menjadi kering, bercabang, dan rapuh. Jika tidak diimbangi dengan perawatan rambut yang benar, kondisi tersebut bisa menyebabkan kerusakan rambut yang parah.

Agar kondisi tersebut tidak semakin parah, mari simak ulasan berikut mengenai cara-cara perawatan rambut rusak yang tepat.

1. Hindari Bahan Yang Memicu Rambut Semakin Kering

Salah satu tips merawat rambut kering, yaitu jangan gunakan produk rambut yang mengandung silikon dan alkohol. Silikon sendiri dapat menghalangi penyerapan nutrisi dan kelembapan yang dibutuhkan oleh rambut.

Sementara untuk alkohol dapat membuat rambut ‘dehidrasi’. Produk rambut yang mengandung sulfat juga dapat membuat rambut menjadi lebih kering karena menghilangkan minyak alami pada kulit kepala dan rambut.

2. Memakai Hair Mask

Memakai hair mask secara rutin dapat memperbaiki tekstur rambut. Pakailah hair mask sesuai dengan aturan pakai dan cermati kandungan serta manfaat dari hair cream tersebut.

3. Gunakan Shampo dan Kondisioner Khusus Perawatan Rambut Rusak

Pilih shampo dan kondisioner yang memiliki formula untuk mengatasi rambut rusak. Formula tersebut biasanya mengandung nutrisi yang tepat, seperti zinc, magnesium, vitamin, dan protein lainnya.

Selain itu, sebaiknya gunakan sampo dan kondisioner yang terbuat dari bahan-bahan alami yang tidak mengandung bahan kimia sintetis yang bisa merusak kesehatan dan keindahan rambut.