Tips Perawatan Kulit untuk Hilangkan Whiteheads dan Blackheads
Irma Luthfiya
10 May 2022

Baik whiteheads dan blackheads keduanya disebabkan oleh pori-pori yang tersumbat.


Karena memiliki penyebab yang sama, bentuk perawatan yang dilakukan terhadap blackheads dan whiteheads juga sama. Produk yang dijual bebas juga dapat efektif dalam mengobati komedo dan komedo putih. Anda dapat mencari produk yang mengandung benzoil peroksida atau asam salisilat.

Kedua produk tersebut dipercaya dapat membantu menghilangkan minyak dan sel kulit mati yang menyumbat pori-pori Anda. Anda dapat menemukan banyak produk dengan kandungan tersebut, mulai dari pencuci wajah hingga krim hingga astringent yang mengandung bahan-bahan tersebut.

Tips untuk pencegahan

Merawat kulit Anda dan mencucinya secara teratur dapat membantu mengurangi kemungkinan timbulnya komedo atau komedo putih yang menjadi masalah utama kulit.

Berikut ini tips ini untuk mencegah timbulnya blackheads dan whiteheads:

1. Jaga kebersihan wajah Anda dengan mencucinya dua kali sehari dengan sabun yang lembut.
2. Coba gunakan produk OTC yang mengandung benzoil peroksida atau asam salisilat untuk mengeringkan minyak berlebih.
3. Pilih riasan bebas minyak yang tidak akan menyumbat pori-pori Anda.
4. Selalu bersihkan riasan sebelum tidur.
5. Hindari menyentuh wajah Anda.
6. Tahan memencet dan memencet jerawat.
7. Gunakan gel dan semprotan berbahan dasar air untuk rambut Anda. Lebih baik lagi, jauhkan rambut dari wajah Anda sehingga produk tidak akan menyumbat pori-pori Anda.

Jika langkah-langkah ini tidak membantu membersihkan kulit Anda atau Anda mengalami jerawat parah, mungkin sudah saatnya untuk menemui dokter kulit Anda. Mereka mungkin akan meresepkan obat oral atau topikal untuk membantu membersihkan dan menyembuhkan kulit Anda. Mereka juga dapat membantu Anda membuat rutinitas perawatan wajah harian yang disesuaikan dengan jenis kulit Anda.