Share
Tips Merawat Rambut Keriting untuk Tampilan yang Sehat Berkilau
Clara Enocensia
20 November 2021

Dengan menerapkan cara ini, rambut keriting Anda akan lebih mudah diatur dan sama indahnya dengan rambut lurus.


Rambut terdiri dari protein bernama keratin yang berfungsi untuk memberikan kekuatan dan ketahanan pada setiap helai rambut. Faktor genetik berperan penting dalam memengaruhi ketebalan dan struktur rambut, entah itu lurus, ikal, atau keriting. Bagi Anda pemilik rambut keriting, mungkin sering dihadapi dengan masalah rambut kusut dan sulit ditata. Berikut ini tips yang akan membantu Anda dalam merawat rambut keriting, agar rambut tetap indah dan sehat.

1. Mencuci rambut

Pada dasarnya, tekstur keriting membuat rambut tidak mudah berminyak. Hal tersebutlah yang membuat Anda tidak perlu terlalu sering mencuci rambut. Terlalu sering keramas hanya akan membuat tekstur rambut Anda mudah kering dan terlihat mengembang.

2. Gunakan sampo hanya pada kulit kepala
Ujung rambut adalah bagian rambut yang paling jauh dari kulit kepala. Tak heran jika bagian ini lebih mudah kering dan menjadi bercabang. Agar rambut tidak menjadi semakin kering, oleskan sampo hanya pada akar rambut. Selanjutnya, bersihkan ujung rambut saat membilas sampo dengan air bersih.

3. Gunakan Conditioner


Conditioner membantu mengembalikan kelembapan dan kelembutan rambut usai penggunaan sampo. Gunakan conditioner dari batang sampai ujung rambut, lalu diamkan selama beberapa saat. Pilih conditioner yang mengandung vitamin E atau shea butter agar rambut keriting tidak cepat kusut.

4. Sisir Jari

Rambut keriting akan sangat sulit jika disisir dengan sisir rapat. Oleh karena itu, Anda membutuhkan sisir jari agar lebih mudah dalam menata rambut keriting Anda.