Share
Tips Menutupi Berbagai Jenis Jerawat di Wajah dengan Mudah
Annisa Laksmintari
17 February 2021

Kulit wajah yang mulus, lembut, bersih, bercahaya dan tanpa noda tentu menjadi impian semua orang. Dengan segenap perawatan yang dilakukan, tentu diharapkan hasil yang maksimal. Namun apa daya, terkadang berbagai faktor, seperti makanan, polusi, stress, dan lainnya, tetap menyebabkan timbulnya jerawat di wajah. Jerawat ini, serta bekasnya, kerap memerlukan perawatan khusus jika tak kunjung reda. Untuk sementara waktu, inilah beberapa kiat untuk menutupi jerawat-jerawat dan noda gelap yang mengganggu Anda.


Persiapan dasar
Hal yang paling penting untuk diingat dalam menutupi noda-noda di wajah adalah untuk menjaga kulit agar tetap lembab. Area kulit yang ada jerawatnya akan cenderung kering di bawah lapisan make-up. Salah satu kesalahan terbesar yang harus dihindari adalah mengoleskan concealer langsung pada kulit kering. Oleh karena itu, pastikan untuk mengoleskan moisturizer pada seluruh kulit wajah sebelum mengaplikasikan make-up.

Tips menutupi jerawat kecil
Jerawat yang kecil dapat ditutupi dengan mudah dengan bantuan color corrector. Untuk jerawat yang memerah, gunakan color corrector berwarna hijau, yang diaplikasikan sedikit demi sedikit dengan kuas concealer yang kecil. Tepuklah dengan jari yang bersih untuk meratakannya, lalu terakhir, kenakan concealer dan bedak translucent tabur.

Tips menutupi jerawat kistik atau jerawat batu
Jenis jerawat ini umumnya sangat merah, besar, dan keras, sehingga memerlukan penanganan lebih dibandingkan jerawat biasa. Kulit yang sedang mengalami jerawat batu harus ditenangkan terlebih dahulu, dengan menggunakan moisturizer berbentuk gel dan mengandung aloe untuk menyembuhkan kulit yang sedang sangat iritasi. Gunakan color correcting concealer berwarna hijau untuk menetralisir warna merah, dilanjutkan dengan concealer. Setelah itu, gunakan foundation yang full-coverage pada seluruh wajah anda dengan sponge, lalu ratakan dengan baik.

Tips untuk menutupi bekas jerawat dan noda hitam
Kulit membutuhkan waktu untuk kembali seperti semula. Bekas jerawat dan noda hitam dapat disembunyikan menggunakan color corrector berwarna oranye. Cukup totolkan dengan lembut menggunakan jari yang bersih atau kuas kecil, lalu aplikasikan concealer diatasnya. Blend menggunakan make-up sponge, atau ulangi jika masih belum menutupi noda.