Share
Tips Menjaga Kesehatan Mata Selama Bekerja dari Rumah
Clara Enocensia
14 December 2021

Work from home membuat Anda lebih sering menatap layar gawai yang dapat memicu beragam masalah kesehatan pada mata.


Selama pandemi COVID-19 masih melanda dunia, banyak orang yang lantas memilih bekerja dari rumah. Work from home memang terdengar menyenangkan, sebab Anda tidak harus berdandan formal.

Namun, kenyataannya bekerja dari rumah justru membuat seseorang lebih lama berkontak dengan gawai. Dengan kata lain, waktu menatap layar akan lebih lama dibandingkan sebelumnya. Kondisi ini pun memicu masalah pada mata. Mata kering, gatal, sakit kepala di sekitar mata, hingga mata kemerahan jadi sederet masalah yang bisa timbul.

Agar mata tetap sehat meski bekerja dari rumah, ikuti beberapa tips berikut.

1. Sesuaikan Intensitas Pencahayaan

Pencahayaan yang tepat saat Anda di rumah sangat penting untuk mengurangi ketegangan pada mata. Sebab, kalau ada cahaya berlebihan, itu dapat menyebabkan rasa sakit atau masalah penglihatan lain.

2. Posisi layar

Tak bisa dimungkiri, kerja dari rumah membuat Anda bebas bekerja di manapun termasuk di sofa bahkan tempat tidur. Namun, demi mencegah masalah pada mata, sebaiknya tempatkan laptop sekitar 30 derajat di bawah garis lurus mata.

3. Istirahat

Menatap layar terus menerus selama berjam-jam dapat menyebabkan sakit mata, juga leher dan bahu. Cara terbaik untuk mencegahnya adalah dengan istirahat sekitar 4-5 menit.

4. Perbesar huruf

Huruf yang lebih besar bakal mengurangi ketegangan pada mata saat bekerja. Jika ukuran huruf cukup besar, Anda tak perlu berusaha keras memusatkan fokus pada deret huruf. Ini akan sangat membantu saat Anda harus membaca dokumen yang cukup panjang.