Tips Mencuci Baju yang Tepat agar Warna Baju Tidak Mudah Pudar
Dewi Anggriani Siregar
12 May 2022

Mencuci pakaian merupakan salah satu cara yang dapat kita lakukan untuk membuat baju yang kita kenakan tampak bersih dan wangi serta telihat seperti baru. Namun seringkali mencuci pakaian justru malah membuat warna baju luntur dan memudar.


Hal ini tentu menjadi masalah karena akan membuat tampilan baju menjadi usang dan tidak menarik lagi. Berikut cara mencuci baju yang benar agar warna baju awet dan tidak mudah pudar.

Perhatikan Instruksi Pada Label Baju

Label yang terdapat pada baju berisi petunjuk atau instruksi bagaimana cara mencuci baju tersebut dengan tepat. Jika biasanya Anda tidak memerhatikan label pada baju Anda, mulai sekarang tidak ada salahnya Anda membaca label atau tag yang terdapat pada baju.

Cuci dengan Suhu Air Normal

Mencuci baju dengan suhu tinggi dapat merusak serat kain dan warna baju. Sebaiknya Anda mencuci baju dengan air dingin atau air yang bersuhu normal.

Hindari Matahari Langsung

Sama halnya seperti air dengan suhu tinggi, sinar matahari langsung juga dapat membuat warna baju menjadi cepat pudar dan merusak tekstur.

Balik Baju saat Dijemur

Ketika menjemur baju, jangan lupa untuk selalu membalik baju bagian luar ke dalam. Hal ini bertujuan agar bagian luar baju terhindar dari sinar matahari langsung ketika dijemur serta akan membantu mempertahankan tekstur dan warna.

Pisahkan Baju

Ketika mencuci baju dalam jumlah banyak, kita mungkin saja lupa ada beberapa baju dengan warna cerah yang digabungkan dengan baju berwarna gelap yang mungkin dapat luntur dan mencemari warna baju lainnya. Untuk menghindari hal tersebut, biasakan untuk memisahkan baju-baju Anda berdasarkan warna terang dan gelap sebelum mencucinya.