Share
Tips Menata Ruangan Sempit agar Hunian Tampak Lebih Luas dan Nyaman
Dewi Anggriani Siregar
27 January 2023

Memiliki hunian yang nyaman merupakan idaman semua orang. Namun kadang kala kita mengalami keterbatasan antara lahan dan hunian yang didirikan.


Rumah dengan ruangan yang sempit tentu menjadi masalah bagi sebagian orang, khususnya untuk Anda yang telah berkeluarga dan memiliki banyak barang. Oleh karena itu, penataan ruang yang baik sangat diperlukan agar ruangan-ruangan di rumah Anda tetap terasa lega dan nyaman.

Ada banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk menata rumah Anda agar tetap terlihat luas meskipun memiliki ruangan-ruangan yang sempit. Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan.

Penggunaan Mezzanine

Mezzanine merupakan lantai tambahan yang dapat difungsikan sebagai ruang ekstra dalam rumah, tanpa perlu menambah lantai bangunan. Nantinya, mezzanine akan terletak di tengah antara lantai dan plafon. Oleh karena itu, untuk membuat mezzanine diperlukan atap yang lebih tinggi dari lantai bawah. Mezzanine nantinya bisa Anda jadikan ruang tambahan untuk rumah Anda.

Gunakan Perabot Multifungsi

Saat ini sudah banyak furniture-furniture multifungsi yang dapat Anda gunakan untuk melengkapi rumah Anda. Misalnya saja Anda bisa menggunakan kasur atau kursi yang di bawahnya terdapat storage penyimpanan barang atau memiliki kabinet multifungsi.

Meletakkan Cermin

Penggunaan cermin di dalam ruangan dapat memberikan kesan luas pada rumah Anda. Anda bisa menggunakan cermin dengan ukuran sedang yang memiliki dekorasi serta bentuk unik dan aesthetic untuk memperindah sekaligus memberikan efek luas pada ruangan.

Gunakan Cat Warna Terang

Penggunaan cat dengan warna cerah dan terang juga dapat membantu memantulkan cahaya dan membuat ruangan Anda tampak jauh lebih luas dan lapang.

Kurangi Penggunaan Hiasan Dinding

Jika Anda memiliki hunian dengan ruangan yang sempit, tips yang satu ini juga patut Anda pertimbangkan. Pasalnya, hiasan dinding yang terlalu banyak di ruangan sempit justru akan memberikan kesan berantakan dan lebih penuh serta sempit.