Share
Tips Memilih Pelembap Bagi Anda yang Memiliki Kulit Kering dan Sensitif
Clara Enocensia
03 April 2022

Bagi Anda yang memiliki kulit yang kering dan sensitif, simak 3 tips di bawah untuk memilih moisturizer yang tepat untuk Anda.


Mengatasi kulit kering yang sensitif, masih menjadi kesulitan bagi sebagian orang sebab seringkali sulit untuk menemukan produk yang memberikan hidrasi yang cukup pada kulit tanpa mengiritasi. Agar tidak salah, ketahui cara memilih pelembap yang tepat untuk kulit kering.

1. Pilih pelembap tanpa pewangi dan pewarna

Sebagian pelembab kulit diperkaya parfum atau pewangi dan pewarna. Bahan ini tidak disarankan untuk digunakan bagi Anda yang memiliki kulit kering. Hal ini karena kedua bahan tersebut dapat menyebabkan iritasi, sehingga tidak cocok bagi kulit kering.

Saat hendak membeli pelembap, pilih produk yang berlabel khusus untuk kulit kering disertai keterangan "alcohol free" atau berlabel "hypoallergenic."

2. Lakukan uji reaksi pada kulit

Sebelum menggunakan produk moisturizer baru secara menyeluruh pada wajah, lakukan uji coba dengan mengoleskan sedikit ke area kecil kulit di lengan bawah atau pada bagian belakang telinga. Kemudian tunggu 24 jam. Ulangi tes tersebut selama beberapa hari; jika tidak ada reaksi buruk yang terjadi, produk tersebut aman untuk digunakan.

3. Lebih selektif dalam memilih kandungan pelembab

Saat memilih pelembab untuk kulit kering, perhatikan label komposisi bahan pada produk dan pastikan kandungan pelembab tersebut cocok untuk kulit kering. Bahan atau kandungan yang yang disarankan untuk kulit kering antara lain: Urea, Lanolin, Asam hialuronat, Ceramides, Gliserin, Dimethicone.