Tips Memakai Softlens Agar Tetap Bersih dan Nyaman

Beauty17 September 2021

By Clara Enocensia

Tips Memakai Softlens Agar Tetap Bersih dan Nyaman

Agar tetap nyaman digunakan dan tidak menimbulkan iritasi pada mata, penting untuk menjaga kebersihan softlens supaya mata tetap sehat dan Anda dapat tampil maksimal.



Banyak dari kita yang gemar menggunakan softlens. Pasalnya softlens dapat membantu penglihatan sehingga dapat menggantikan peran kacamata, sekaligus menunjang penampilan.

Tapi pada kenyataannya, sebagian dari kita masih banyak yang mengabaikan pentingnya menjaga kebersihan dan perawatan softlens. Hal ini dapat memicu iritasi pada mata dan memberikan dampak buruk lainnya pada kesehatan mata. Berikut adalah cara memakai dan membersihkan softlens yang praktis dan mudah agar tetap bersih dan nyaman.

Mencuci Tangan

Sebelum menyentuh softlens dan mata, ketika mengenakan ataupun melepaskannya, pastikan tangan Anda dalam keadaan bersih. Cuci tangan menggunakan air bersih dan sabun, kemudian keringkan dengan handuk bersih. Meskipun simple, tapi langkah ini sangat penting untuk menjaga kesehatan mata.

Bersihkan Softlens

Demi kenyamanan dan kesehatan, softlens sebaiknya dibersihkan sebelum dan sesudah dikenakan. Gunakan cairan khusus untuk membersihkan softlens, yang sudah teruji dan aman untuk kesehatan mata. Anda dapat menggunakan alat khusus untuk membersihkan softlens ataupun membersihkannnya dengan tangan dan bilas dengan cairan pembersih. Letakan pada wadah softlens dan pastikan tidak ada debu dan kotoran yang tertinggal.

Ganti Cairan Softlens Setiap Hari

Salah satu kesalahan pengguna softlens adalah tidak mengganti air pada lensa kontak setiap hari. Hal ini diwajibkan agar bakteri tidak menumpuk sehingga softlens tetap higienis dan tidak memicu iritasi pada mata.

Gunakan Cairan Tetes Mata

Bagi Anda yang rutin menggunakan softlens setiap hari, Anda wajib menggunakan tetes mata khusus softlens. Hal ini perlu dilakukan agar softlens tidak kering dan tetap menempel sempurna pada posisinya. Teteskan cairan secara berkala agar mata tetap lembab.