Share
Tips Melakukan Eksfoliasi Sesuai dengan Jenis Kulit Anda
Clara Enocensia
27 March 2022

Kenalilah jenis kulit Anda dan lakukanlah metode eksfoliasi yang tepat untuk mendapatkan kulit yang tampak sehat dan glowing.


Eksfoliasi kulit menjadi rutinitas perawatan kulit yang penting dilakukan. Setidaknya, eksfoliasi perlu dilakukan satu atau dua kali dalam seminggu. Eksfoliasi berguna untuk menghilangkan kulit kusam dan mencerahkan kulit.

Ada beberapa cara eksfoliasi kulit. Menyesuaikan cara eksfoliasi dengan jenis kulit penting dilakukan. Ini karena jenis kulit bisa menentukan seberapa sering melakukan eksfoliasi dan bahan apa yang cocok digunakan. Berikut ini tips melakukan eksfoliasi sesuai dengan jenis kulit Anda.

1. Kulit Berminyak

Kulit yang berminyak akan lebih rentan terhadap jerawat, oleh karena itu Anda bisa melakukan eksfoliasi dengan menggunakan scrub dengan butiran yang kecil dan lembut.

Lakukan eksfoliasi sebanyak 2-3 kali dalam satu minggu untuk menghilangkan debu yang menempel pada kulit berminyak. Berhati-hatilah pada saat melakukan eksfoliasi fisik agar tidak melukai kulit wajah.

2. Kulit Sensitif

Jika Anda memiliki kulit sensitif, hindari menggosok terlalu kuat atau menggunakan metode pengelupasan mekanis. Cara ini akan semakin mengiritasi kulit dan dapat menyebabkan kemerahan.

Karena kulit sensitif dapat dengan mudah menjadi merah, iritasi, dan kering, carilah produk yang mengandung asam laktat di dalamnya. Asam laktat tidak hanya akan mengelupas kulit dengan lembut tetapi juga akan memberikan hidrasi yang sangat dibutuhkan kulit.

3. Kulit Kering

Pemiliki kulit kering juga harus secara rutin melakukan eksfoliasi agar tidak ada penumpukan kotoran dan sel kulit mati pada kulit yang dapat menghambat proses penyerapan produk skincare.

Kulit kering yang jarang dieksfoliasi akan menyebabkan kulit wajah menjadi kusam dan semakin kering. Sama seperti kulit sensitif, pemilik kulit kering juga harus memilih produk eksfoliasi yang lembut seperti kandung lactic acid. Selain itu, hindari produk yang mengandung alkohol yang akan membuat kulit Anda semakin kering.

4. Kulit Normal

Jenis kulit wajah yang normal bisa melakukan eksfoliasi melalui cara kimia dan secara fisik. Karena pada kulit normal kadar pH sudah seimbang, sehingga Anda bisa menggunakan produk eksfoliasi yang tidak memiliki kandungan asam yang terlalu tingi.

Salah satu kandungan yang bisa Anda gunakan dalam produk eksfoliasi adalah niacinamide, chamomile, dan hyaluronic acid yang dapat membantu untuk mencerahkan wajah.