Be part of the in-crowd to get the latest
luxury and lifestyle news delivered to your inbox.

Tips Makeup Tahan Lama untuk Kulit Berminyak

Beauty29 March 2022

By Dewi Anggriani Siregar

Tips Makeup Tahan Lama untuk Kulit Berminyak

Memiliki kulit berminyak tentu menjadi masalah bagi sebagian orang. Kulit berminak merupakan kondisi di mana wajah memproduksi sebum lebih banyak dan membuat kulit terlihat lebih mengkilap. Kulit berminyak juga rentan terhadap jerawat dikarenakan penyumbatan pori-pori yang menyebabkan sel-sel kulit mati menumpuk.


Namun jangan khawatir, kulit wajah yang berminyak juga bisa mencegah penuaan dini. Kandungan sebum pada wajah merupakan anti aging alami yang bisa membuat Anda awet muda.

Masalah paling utama bagi kulit berminyak biasanya adalah ketika sedang menggunakan makeup. Sebum yang ada pada kulit berminyak bisa membuat makeup menjadi cepat luntur dan mengkilap. Berikut beberapa tips makeup untuk kulit berminyak agar awet dan lebih tahan lama.

Kompres Wajah dengan Es Batu

Sebelum menggunakan makeup, Anda bisa mengompres wajah Anda terlebih dahulu menggunakan es batu. Es batu dapat membantu mengecilkan pori-pori dan mengontrol minyak wajah untuk sementara waktu.

Selalu Gunakan Primer

Sebelum mengaplikasikan foundi atau makeup ke wajah Anda, jangan pernah melewati tahap penggunaan primer. Primer dapat membantu menyerap minyak dan mengecilkan pori-pori serta membuat tampilan makeup di wajah Anda lebih matte dan tahan lama.

Gunakan Pelembab

Selain primer, pelembab menjadi salah satu kunci utama dalam ber-makeup. Penggunaan pelembab dapat membuat makeup Anda jauh lebih menempel dan tidak mudah crack.

Menggunakan Produk Oil Free dan Noncomedogenic

Bagi Anda pemilik kulit wajah berminyak, sangat wajib hukumnya untuk memilih produk makeup yang oil free (bebas minyak) dan noncomedogenic (tidak rentan menyumbat pori-pori). Biasanya terdapat tulisan, "for oily skin" atau "for acne-prone skin"pada kemasan produk tersebut yang aman digunakan kulit cenderung berminyak dan berjerawat.

Gunakan Bedak Tabur

Bedak tabur merupakan pilihan yang tepat untuk Anda pemilik kulit wajah berminyak. Bedak tabur dapat membantu menyerap minyak lebih baik dibandingkan bedak padat yang justru akan membuat wajah lebih berminyak.

Gunakan Setting Spray

Setelah Anda menyelesaikan semua tahapan makeup Anda, jangan lupa untuk selalu menyemprotkan setting spray pada wajah Anda. Setting spray dapat membantu membuat makeup yang Anda gunakan lebih menyatu dan menempel pada wajah serta membuat makeup jauh lebih tahan lama.

Selalu Sedia kertas Minyak

Kertas minyak merupakan salah satu barang ajaib wajib yang harus selalu Anda bawa. Kertas minyak mampu membantu menyerap minyak secara instan. Anda cukup menggunakannya dengan cara ditempel, bukan digosok, agar tidak merusak makeup Anda. Setelah menempelkannya pada area wajah yang berminyak, barulah Anda bisa touch-up apabila diperlukan.