Share
Tips Jaga Kulit Wajah Agar Tetap Cerah saat Jalankan Ibadah Puasa
Dewi Anggriani Siregar
20 March 2024

Saat berpuasa, jumlah asupan cairan yang masuk ke dalam tubuh berkurang dari biasanya. Kurangnya asupan cairan selama puasa dapat meningkatkan risiko seseorang mengalami dehidrasi dan mempengaruhi kondisi kulit. Tidak hanya hidrasi yang cukup, ada beberapa faktor luar lain yang dapat mempengaruhi kualitas kulit wajah.


Beberapa masalah kesehatan kulit yang berpotensi muncul saat berpuasa diantaranya kulit kering, kulit kusam, kulit tampak lelah akibat perubahan pada pola makan dan pola tidur, hingga kulit kasar dan bersisik karena banyak aktivitas fisik di luar ruangan selama berpuasa. Berikut tiga langkah mudah yang bisa diterapkan guna kulit wajah tetap cerah bercahaya saat berpuasa. Untuk itu, Aqua+ series membagikan tiga langkah cara merawat kulit agar tetap sehat dan cerah bercahaya melaksanakan ibadah puasa sebagai berikut.

BRIGHT SKIN

Makanan dan Minuman Sehat

Sebisa mungkin menghindari mengkonsumsi makanan berminyak, pedas, mengandung banyak lemak, seperti junk food saat sahur dan berbuka puasa. Ingin mendapatkan tampilan wajah cerah saat berpuasa perlu didukung dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat.

Makanan sehat dan bergizi sangat penting untuk mendapatkan kulit yang sehat dan bercahaya. Konsumsi makanan yang kaya akan antioksidan, seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan protein dari ikan atau kacang-kacangan dapat membantu regenerasi sel kulit dan membuat wajah menjadi lebih cerah.

Untuk mengonsumsi buah, bisa dilakukan setelah tarawih jadi kadar air bisa lebih tercukupi. Perlu juga mencukupi kebutuhan cairan kurang lebih 3-4 gelas masing-masing di saat sahur dan buka puasa untuk membantu kulit wajah cerah dan bebas dari kusam. Saat berbuka puasa, disarankan untuk mengonsumsi air putih dulu, sebelum minum yang manis-manis. Imbangi juga dengan melakukan olahraga yang rutin selama puasa untuk membuat tubuh tetap fit.

Istirahat yang Cukup

Waktu tidur juga mengalami perubahan saat puasa. Saat berpuasa juga harus melakukan sahur sekitar jam 3 pagi. Meski demikian, jangan memangkas durasi waktu tidur akan hal tersbeut. Agar wajah cerah saat berpuasa tidur cukup perlu dilakukan.
Usahakan istirahat lebih awal, yakni setelah melaksanakan salat tarawih, cobalah tidur agar saat bangun dini hari untuk sahur tubuh bisa lebih segar.

Menggunakan Skincare yang tepat

Skincare merupakan hal yang tidak boleh terlewatkan jika ingin mendapatkan kulit cerah dan juga bercahaya, menggunakan pelembab setiap hari, baik pagi sebelum beraktivitas maupun sebelum tidur malam, untuk menjaga kelembapan kulit sehingga kamu terhindar dari masalah kulit kering. Sebagai rekomendasi, gunakan AQUA+ SERIES - BRIGHT-UP DAILY MOISTURIZER merupakan pelembab wajah ringan yang dapat memberikan hidrasi sekaligus dapat membantu mencerahkan kulit wajah. Dengan kandungan aktif MultiSal™ Retinol yaitu vitamin A stabil yang dapat membantu mempercepat regenerasi sel kulit untuk mendapatkan hasil kulit wajah yang cerah dan sehat. Selain itu retinol pada produk ini juga sangat baik untuk melawan penuaan dini, memperbaiki tampilan pori-pori dan merangsang pembentukan kolagen pada kulit.