Tips Dekorasi Kamar untuk Dapatkan Kualitas Tidur yang Lebih Baik

Design11 October 2021

By Clara Enocensia

Tips Dekorasi Kamar untuk Dapatkan Kualitas Tidur yang Lebih Baik

Tingkatkan kualitas tidur Anda dengan mendekorasi ulang kamar tidur menjadi lebih nyaman.


Tanpa kita sadari, kualitas tidur yang baik dapat menunjang aktivitas sehari-hari, dan sebaliknya apabila kualitas tidur terganggu bisa menyebabkan masalah kesehatan hingga stress. Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk memperbaiki kualitas tidur Anda, salah satunya dengan mendekorasi ulang kamar tidur untuk mendapatkan tidur yang lebih nyenyak dan berkualitas. Berikut adalah rangkuman beberapa tips mendekorasi kamar tidur.

1. Cat dinding warna gelap atau kelabu

Hindari menggunakan cat dinding dengan warna cerah yang mencolok, sebab warna cerah bisa memicu indera secara tidak sadar, akibatnya Anda menjadi mudah terjaga di malam hari dan membuat kualitas tidur kurang baik. Anda dapat memilih warna gelap atau warna yang menenangkan seperti biru, merah muda, kuning, hijau, atau putih. Warna-warna tersebut mampu meredakan stres, membuat tubuh lebih rileks, sehingga dapat tidur lebih cepat dan pulas.

2. Kasur dengan kualitas terbaik

Kasur merupakan investasi terpenting untuk meningkatkan kualitas tidur. Tempat tidur yang empuk beserta bantal-bantal yang nyaman akan membuat Anda tidur lebih nyaman. Tak lupa, pilihlah Kasur yang tepat untuk membuat Anda tidur dengan postur tubuh yang baik. Jangan ragu untuk berinvestasi dan membeli kasur yang berkualitas baik.

3. Jauhkan barang elektronik

Hindarilah meletakan televisi, laptop, atau barang-barang elektronik lainnya di kamar tidur. Penelitian menunjukan bahwa paparan sinar biru dari televisi dan alat elektronik lainnya adalah penyebab utama insomnia. Melihat layar seperti menonton TV atau bekerja di depan laptop sebelum tidur akan merangsang otak sehingga mempersulit tubuh melepas penat. Jauhkan segala peralatan elektronik dari kamar tidur untuk meningkatkan kualitas tidur.

4. Gunakan aromaterapi

Setelah merapikan kamar tidur dan merubah warna dinding, Anda dapat menikmati suasana baru kamu tidur sambil meletakan aromaterapi di sekitar ranjang Anda. Aromaterapi seperti lavender dan jasmine dapat membuat tidur Anda menjadi lebih nyenyak dan berkualitas.