Share
Tips dan Trik untuk Makeup Tetap Tahan Lama di Atas Kulit Berminyak
Clara Enocensia
16 February 2022

Minyak yang terus menerus keluar dari pori-pori dapat membuat base makeup jadi berantakan, simaklah tips berikut supaya riasan wajah Anda lebih tahan lama.


Bagi Anda pemilik kulit berminyak, terkadang menghadapi masalah dimana hasil riasan cepat luntur. Selain itu, masalah yang sering timbul saat pakai makeup adalah kulit menjadi semakin berminyak hingga timbul jerawat.

Untuk menghindarinya, simak tips dan trik cara mengaplikasikan make up untuk kulit berminyak tanpa khawatir luntur sepanjang hari.

1. Hidrasi kulit

Memiliki kulit berminyak bukan berarti Anda bisa melewatkan penggunaan pelembab. Justru langkah ini penting agar kulit tetap terhidrasi dan kelenjar minyak tidak bekerja berlebihan. Pilihlah pelembab yang berbasis gel karena bisa melembabkan tanpa membuat kulit jadi licin atau berminyak.

2. Gunakan primer

Bagi mereka yang memiliki kulit berminyak, memakai primer sangatlah menunjang ketahanan makeup Anda. Setidaknya, Anda perlu menggunakan primer oil-free pada dahi, hidung, dan dagu. Segera aplikasikan primer setelah membersihkan wajah dan sebelum mengenakan foundation, bedak, atau makeup lainnya.

3. Concealer Sebelum Foundation

Kulit berminyak cenderung rentan terhadap jerawat dan noda hitam. Jadi, aplikasikan concealer secara tipis di area-area yang membutuhkan.

4. Perhatikan Formula Foundation

Bagi kulit berminyak, penting untuk mengetahui formula apa yang terkandung dalam foundation yang akan digunakan. Sebaiknya pilih foundation yang memang diformulasikan khusus untuk kulit berminyak. Liquid atau powder-based foundation bebas minyak dan bisa memberikan hasil matte pada kulit.

Selain itu, hindari penggunaan foundation secara berlebihan sebab hal inilah yang biasanya akan mudah luntur di kulit berminyak.