Share
Tips dan Trik Rahasia Makeup Awet Muda untuk Wanita Usia Lanjut
Novita Angelina
19 October 2020

Bagi wanita berusia di atas 50 tahun, diperlukan tips dan trik khusus dalam berdandan supaya tampilannya terlihat natural cantik dan awet muda.


Wanita yang berusia lanjut tentu mengalami beberapa perubahan dalam tubuhnya, termasuk perubahan dalam wajah. Seiring dengan kulit wajah yang mengendur ataupun beberapa keriput yang muncul, tentu pengaplikasian makeup ke wajah menjadi tidak mudah. Oleh karena itu diperlukan beberapa tips dan trik dalam berdandan supaya hasil makeupnya terlihat cantik natural dan selalu awet muda.

Menurut Sandy Linter, seorang makeup artis senior Amerika terkenal yang sudah terjun dalam bisnis makeup sejak tahun 70an, dalam interviewnya dengan Vogue, ia menjelaskan bahwa sebenarnya tidak ada aturan khusus dalam bermakeup untuk wanita paruh baya, akan tetapi perhiasan yang dikenankan bukan untuk menutupi kekurangan akan tetapi kita harus meningkatkan apa yang wanita itu miliki.

Berikut tips dan trik dari Sandy linter untuk mengaplikasikan makeup pada wanita yang berusia lanjut.

Pilihlah Glowing Base Makeup

Sebelum memulai makeup, Anda harus memastikan bahwa kulit wajah kita bersih supaya tidak ada kotoran yang menumpuk di wajah sebelum dioleskan toner dan krim pelembab wajah. Cleansing, moisturizing, dan exfoliating merupakan bagian yang wajib sebelum untuk menghasilkan riasan kulit wajah yang sempurna.

Untuk pelembab muka, Anda dapat memilih yang hydrating tetapi jangan terlalu berat supaya nanti akan lebih mudah untuk mengaplikasikan riasan lainnya. Setelah pelembab, Anda bisa mengaplikasikan primer dengan tekstur gel yang mudah menyerap ke kulit untuk menyamarkan garis-garis halus ataupun dry patches pada wajah.

Tutupi Kekurangan di Wajahmu dengan Sewajarnya

Ketika berusia lanjut, wanita akan sulit untuk menyembunyikan kerutan atau garis-garis halus di wajahnya. Menurut Linter, Anda sebaiknya jangan berusaha menyembunyikan kerutan tersebut, yang malah nanti hanya akan semakin terlihat. Untuk mengatasinya Anda dapat mengaplikasikan hydrating foundation dengan menggunakan spon makeup yang lembab.

Untuk memutupi daerah hitam di bawah mata, Anda dapat memilih krim concealer yang high coverage namun tetap ringan untuk digunakan. Anda dapat memulaskan concealer pada bagian bawah mata dan sudut dalam untuk menutupi lingkaran hitam secara efektif. Jangan diaplikasikan pada bagian sudut luar mata karena akan timbul garis halus jika Anda tersenyum atau tertawa.

Pilih Warna Alas Bedak atau Concealer yang Lebih Gelap

Dalam memilih warna foundation atau concelare, hindari warna yang sama persis dengan kulit, tetapi pilihlah yang lebih warm atau lebih gelap. Riasan dengan warna yang sama akan membuat seseorang akan terlihat lebih tua. Jangan lupa aplikasikan sisa foundation di kuas atau spons ke bagian leher supaya warnanya rata antara muka dan leher.

Anda juga bisa mengaplikasikan bronzer tidak hanya di bawah tulang pipi, tetapi juga di sisi bagian bawah hidung, di dahi, dan di bawah garis rahang untuk membuat gradasi pada wajah agar tidak terkesan datar. Untuk setting powder tidak begitu penting untuk digunakan.

Aplikasikan Perona Pipi

Perona pipi akan membuat seseorang akan terlihat lebih fresh. Untuk pengaplikasiannya, Anda dapat mengoleskan blush on di bagian atas tulang pipi lalu membaurkannya ke dalam. Anda dapat menggunakan blush on cream kemudian ditambahkan powder blush atau langsung menggunakan powder blush.

BACA JUGA: Vegan, Organic, Cruelty-Free: Berbagai Label Ramah Lingkungan Pada Kosmetik dan Artinya

Bentuk Riasan Mata Secara Alami

Anda tentu ingin membuka mata dan membuatnya terlihat besar supaya terlihat lebih awet muda. Yang perlu dilakukan pertama yaitu jepit bulu mata mulai dari akarnya, kemudian pilih mascara yang tepat yang cocok dengan karakteristik bulu mata Anda yang biasanya lebih tipis dan cenderung rapuh. Saat ini banyak terdapat mascara yang dilengkapi dengan vitamin untuk memperkuat bulu mata.

Anda juga dapat menambahkan eyeliner berwarna hitam sehingga akan tercipta warna kontras antara warna mata dan liner-nya. Penggunaan eyeliner berwarna coklat kadang sedikit lebih tricky karena untuk beberapa orang warana eyeliner coklat akan membuat matanya terlihat seperti sayu dan mengantuk.

Buatlah Alis yang Natural

Pertahankan bentuk alis secara alami. Anda dapat merapikan bagian-bagian pinggirnya yang tidak rapi. Jika ada alis yang panjang Anda dapat memotongnya. Anda juga dapat mengaplikasikan eyebrow mascara untuk menambahkan kesan penuh pada alis atau menggambar garis-garis halus supaya mengisi bagian alis yang ksosong.

Bentuk Pola Bibir Secara Simetris

Menurut Linter, seiring bertambahnya usia, bibir bisa menjadi asimetris dan bisa juga menua. Oleh karena itu sebelum dioleskan lipstick atau pemulas bibir lainnya, Anda dapat membuat pola bibir yang simetris dengan pensil bibir sebelumnya. Setelah itu Anda dapat mengaplikasikan matte lipstick yang menutup kekurangan di bibir dengan sempurna, sebelum dioles kembali lip gloss di atasnya supaya bibirnya terlihat bersinar dan muka terlihat menjadi lebih fresh.