Tips Berkomunikasi dengan Baik untuk Menjaga Hubungan yang Sehat
Hamidah Khansa Sabila
31 January 2023

Mendirikan batasan yang sehat penting dilakukan dalam sebuah hubungan. Lantas, bagaimana cara mendirikan batasan tersebut?


Komunikasi yang baik adalah kunci untuk mendapatkan hubungan yang sehat, baik dalam hubungan kekeluargaan, pertemanan atau romantis. Agar keinginan kedua pihak dapat tercapai dengan benar, dibutuhkan komunikasi yang baik dan jelas agar tidak ada pihak yang tersakiti.

Walaupun begitu, komunikasi yang baik terkadang sulit dilakukan. Hal tersebut dapat menghasilkan hal-hal yang tidak diinginkan terjadi, seperti adanya kesalahpahaman yang dapat menghasilkan pertengkaran.

Lantas, bagaimana cara berkomunikasi dengan baik? Dilansir dari Forbes Health, berikut adalah beberapa cara yang dapat diikuti agar hubungan menjadi sehat.

Mendengarkan Dengan Baik

Dalam sebuah hubungan, menjadi pendengar yang baik adalah hal yang krusial. Ketika anda tidak dapat menangkap maksud dari pasangan anda, anda dapat mendengarkan pasangan anda dengan baik untuk mendapat petunjuk, baik dari perkataan eksplisit maupun implisit. Penting bagi anda untuk dapat menangkap kedua petunjuk tersebut.

Mendengarkan dan Mengakui Perasaan Pasangan

Terkadang, pasangan anda hanya ingin bercerita untuk meluapkan perasaan dan merasa didengar oleh anda. Pasangan anda hanya butuh tempat atau outlet untuk mengeluarkan segala perasaannya. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, anda dapat bertanya apakah pasangan anda ingin mendengar solusi. Jika tidak, jangan berikan opini yang tidak diinginkan.
Jangan Menaikan Nada Intonasi

Ketika berkomunikasi, janganlah anda menaikan nada untuk menyampaikan opini atau argumen anda. Walaupun anda sedang berada dalam sebuah argumen, cobalah untuk tetap untuk berkepala dingin.