Share
Tips Ampuh Hindari Mabuk Perjalanan saat Mudik Lebaran
Dewi Anggriani Siregar
20 April 2023

Tidak terasa bulan suci Ramadan akan segera berakhir, euforia mudik lebaran pun sudah mulai kita rasakan.


Sebagai salah satu tradisi yang dilakukan masyarakat Indonesia, mudik menjadi salah satu aktivitas yang melelahkan sekaligus menyenangkan. Pasalnya, saat mudik Anda harus berada di atas kendaraan dalam waktu yang cukup lama dengan menggunakan berbagai mode transportasi.

Sebelum melakukan perjalanan mudik, ada banyak hal yang harus Anda lakukan, salah satunya adalah menjaga kondisi tubuh agar tetap prima. Khususnya bagi Anda yang gampang mabuk saat perjalanan jauh. Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi mabuk perjalanan saat mudik lebaran dilansir dari Kemenkes.

Atur Posisi Duduk

Saat berada di perjalanan, pastikan Anda berada dalam posisi yang nyaman, contohnya seperti di bagian yang dekat dengan jendela dan duduk menghadap depan saat berkendara dengan mobil.

Hindari Makan dan Minum Berlebih

Sebelum melakukan perjalanan mudik, usahakan untuk tidak mengkonsumsi makanan terlalu banyak karena guncangan dari kendaraan bisa menyebabkan mual dan pusing.

Hindari Baca Buku dan Bermain HP

Sebisa mungkin Anda juga meminimalisirkan bermain ponsel atau membaca buku saat sedang dalam perjalanan. Hal tersebut dapat menyebabkan ketidakselarasan antara telinga dan mata. Sehingga ketika mata fokus pada satu titik dan tubuh berusaha untuk menyeimbangkan posisi karena adanya guncangan saat perjalanan, akan menimbulkan rasa mual atau pusing.

Konsumsi Permen atau Makanan Ringan

Alih-alih mengonsumsi makanan berat dalam jumlah yang banyak, sesekali Anda mungkin bisa memakan cemilan atau permen untuk meminimalisir terjadinya rasa pusing dan mual saat di perjalanan.