Be part of the in-crowd to get the latest
luxury and lifestyle news delivered to your inbox.

Tingkatkan Stamina dengan Jogging Pagi secara Rutin, Simak Beragam Manfaatnya

Wellness15 December 2021

By Clara Enocensia

Tingkatkan Stamina dengan Jogging Pagi secara Rutin, Simak Beragam Manfaatnya

Manfaat jogging untuk diet dinilai dapat memengaruhi laju metabolisme sehingga membakar kalori dalam jumlah banyak.


Di pagi hari, saat udara masih segar dan ringan dari polusi adalah saat yang tepat untuk lari pagi untuk menjalani hari dengan lebih bersemangat. Apalagi lari menjadi salah satu olahraga yang banyak digemari dan tidak membutuhkan banyak biaya.

Jogging sebenarnya bisa dilakukan kapan saja, namun banyak orang memilih untuk jogging di pagi hari. Tujuan utama jogging adalah untuk mempertahankan tempo gerakan tanpa menyebabkan banyak ketegangan pada tubuh. Selain mudah dilakukan, lari pagi memiliki segudang manfaat. Baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Mari simak penjelasan lebih lanjut mengenai manfaat lain dari lari pagi.

1. Meningkatkan energi

Olahraga di pagi hari mampu meningkatkan stamina untuk menjalani aktivitas seharian. Manfaat jogging di pagi hari bisa membuat otak lebih fokus dengan energi yang lebih tinggi dihasilkan.

Ketika joging, tubuh melepaskan hormon yang disebut endorfin yang membantu mengangkat semangat dan membuat Anda merasa positif pada diri sendiri. Ini membuat Anda akan merasa tenang dan segar sesaat setelah jogging.

2. Kualitas Tidur jadi Lebih Baik

Banyak studi yang menunjukkan bahwa lari pagi mampu meningkatkan kualitas tidur menjadi lebih baik. Penelitian menemukan bahwa lari pagi berkontribusi lebih banyak untuk membuat tidur lebih nyenyak terutama bagi orang-orang yang mengalami insomnia atau kesulitan tidur. Dibanding olahraga di sore atau malam hari.

3. Menurunkan berat badan

Menurunkan berat badan merupakan manfaat utama lari pagi untuk diet. Lari menjadi salah satu olahraga yang cukup berpengaruh dalam meningkatkan metabolisme, sehingga tubuh mampu membakar kalori lebih optimal. Tidak harus langsung lari dengan intensitas yang tinggi. Anda bisa mulai dengan joging santai selama 20 menit tapi dilakukan rutin supaya hasilnya lebih efektif.

3. Meningkatkan kekebalan tubuh

Olahraga ringan seperti jogging, memperkuat respons tubuh terhadap penyakit. Ini berlaku untuk kedua penyakit jangka pendek, seperti infeksi saluran pernapasan atas, dan penyakit jangka panjang, seperti diabetes. Jogging menghilangkan kelelahan, meningkatkan produksi sel darah putih dalam tubuh dan membangun kekebalan.