TIKAR: Interpretasi Desain Karpet Modern yang Memiliki Sentuhan Karakter Indonesia
Bunga Revina
26 September 2022

Moire dengan produk rugs dan karpet yang premium terus melakukan eksplorasi desain dengan berkolaborasi dengan desainer Indonesia. Kali ini, Moire berkolaborasi dengan desainer interior ternama, Yuni Jie.


Desain adalah bahasa universal yang mempertemukan beragam karakter dan identitas untuk mencapai wujud akhir untuk kualitas hidup dan representasi cita rasa yang lebih baik. Kali ini, Moire dengan produk rugs dan karpet yang premium terus melakukan eksplorasi desain dengan berkolaborasi dengan desainer interior Indonesia ternama, Yuni Jie.

Tikar menjadi pilihan Yuni Jie yang secara budaya merupakan alas lantai yang mirip dengan fungsi sebuah karpet. Dalam beragam suku bangsa di Indonesia, tikar hadir dengan memanfaatkan beragam material dan juga bermacam-macam motif. Bambu, daun pandan, daun kelapa, dan beragam bahan natural berhasil diolah oleh masyarakat tradisional di Indonesia menjadi alas lantai, tikar. “TIKAR dirancang untuk memberi nafas Indonesia pada tatanan interior sebuah ruangan. Karena sifatnya yang bersatile dan netral, maka mudah dipadupadankan dengan gaya interior apapun,” jelas Yuni Jie.

Proyek kolaborasi ini juga merupakan wujud kepedulian sosial Moire dan Yuni Jie untuk terhubung dengan program One Fine Sky. “Sebagian dari keuntungan nantinya akan diberikan untuk membeli baju seragam sekolah bagi anak-anak di Flores Timur dalam jejaring keluarga penganyam yang dibina oleh Du Anyam,” ungkap Tama Florentina. Inisiasi yang berangkat dari kepedulian ini juga yang menginspirasi tujuan dari rancangan dari 9 karpet yang ada dalam seri kali ini.

Seri TIKAR dari kolaborasi MOIRE X JIE ini menghadirkan 9 koleksi karpet yang mengusung warna-warna lokal dan netral. “Ekspresi dalam koleksi ini cukup netral dan tetap terlihat elegan untuk bisa masuk ke dalam berbagai tatanan interior berbagai gaya. Moire sangat puas dengan kolaborasi yang tidak hanya memungkinkan kami memproduksi karpet berkualitas karya desainer ternama, tetapi juga bisa menjadi wujud kepedulian dan aksi sosial kami,” papar Tama Florentina selaku Creative Director Moire Rugs.