Tiga Tips Menyembuhkan Patah Hati Dalam Berhubungan
Hamidah Khansa Sabila
08 December 2022

Meluangkan waktu untuk emosi, membiarkan emosi mengalir dan membuat arti dari akhirnya hubungan mungkin adalah cara yang tepat untuk menyembuhkan patah hati.


Dalam beberapa hubungan, sayangnya, hubungan tersebut harus berakhir. Berakhir dengan baik atau buruk, emosi anda akan bercampur aduk. Emosi tersebut akan mempengaruhi perilaku anda, dan ketika emosi tersebut mempengaruhi perilaku, anda mungkin saja melakukan hal yang tidak biasa anda lakukan.

Lalu, bagaimana cara menyembuhkan patah hati tersebut? Dilansir dari PsychCentral, berikut adalah cara untuk menyembuhkan patah hati.

Luangkan Waktu untuk Merasakan Emosi
Untuk dapat memproses emosi dengan baik, anda harus meluangkan waktu untuk merasakan emosi tersebut. Rasa sadar akan emosi tersebut adalah salah satu proses berduka. anda harus merawat emosi, hati dan perasaan dengan waktu, kesabaran dan kelembutan.

Biarkan Emosi Mengalir
Dalam proses berduka ketika emosi anda belum stabil, ada baiknya untuk berbagi cerita tentang perasaan anda pada orang terdekat atau terpercaya. Tidak baik bila emosi tersebut dipendam sendiri.

Membingkai Ulang Pemikiran dan Membuat Arti
Seiring berjalannya waktu, perasaan anda terhadap patah hati tersebut akan berubah. Jika memungkinkan, buatlah arti dari patah hati tersebut. Contohnya, anda akan menyadari bahwa putusnya hubungan tersebut memang baik untuk anda. Jika anda tidak menemukan arti mengapa hubungan itu berakhir, hal tersebut juga valid untuk diakui.