Share
Tidak Pernah Terlupakan, Intip 10 Dress Ikonis yang Ditampilkan di Film!
Putrika Annaya Salsabila
05 January 2024

Gaun-gaun ikonis di layar lebar Hollywood telah menciptakan warisan mode yang tak terlupakan.


Berbagai film klasik Hollywood tak hanya menghadirkan kisah yang memikat, tetapi juga menampilkan gaun-gaun memukau yang melambangkan kemewahan dan keindahan. Gaun-gaun tersebut menciptakan momen ikonis dan memberikan dampak pada penonton.

Tidak jarang ketika halloween atau pesta kostum berlangsung, tampilan-tampilan legendaris dari berbagai film tersebut ditiru oleh banyak orang. Mari kita telusuri berbagai dress sinematik yang bukan hanya favorit penggemar, tetapi juga telah menjadi ikon!

1. Marilyn Monroe - “Gentlemen Prefer Blondes” (1953)

Iconic Dresses 1

Salah satu tampilan paling terkenal Marilyn Monroe adalah di Gentlemen Prefer Blondes. Saat membawakan "Diamonds Are a Girl's Best Friend," aktris ini, berkilau dalam berlian, mempesona dengan gaun malam strapless berwarna merah muda yang serasi dengan sarung tangannya.

2. Marilyn Monroe - “The Seven Year Itch” (1955)

Iconic Dresses 2

Direktur “The Seven Year Itch”, Billy Wilder, mungkin tak mengetahui bahwa adegan Marilyn Monroe berpose di saluran udara akan menjadi salah satu gambar paling ikonis dalam sejarah budaya pop. Monroe dengan cerdik bermain dengan angin dari bawah gaun putih halter berlipatnya, membuat film ini sukses besar.

3. Audrey Hepburn - “Breakfast at Tiffany's” (1961)

Iconic Dresses 3

Saat Audrey Hepburn melintasi layar dalam gaun malam hitam dan mutiara, tampilannya segera menjadi klasik. Meskipun bintang “Breakfast at Tiffany's” mengenakan banyak pakaian mencolok dalam film, kombinasi ini yang paling erat terkait dengan karakternya, Holly Golightly.

4. Julia Roberts - “Pretty Woman” (1990)

Iconic Dresses 4

“Pretty Woman” dipenuhi momen mode yang luar biasa, tetapi kita akan memberikan penghargaan kepada momen paling glamor Vivian. Gaun malam off-the-shoulder yang ia kenakan ke opera sangat memukau.

5. Alicia Silverstone - “Clueless” (1995)

Iconic Dresses 5

Gaun yang dipakai Cher dalam kencannya dengan Christian di "Clueless" sejalan dengan tren minimalis tahun 90-an. "Jaket" putih transparan yang ia kenakan di atas gaun tersebut juga sama modisnya.

6. Anne Hathaway - “The Princess Diaries” (2001)

Iconic Dresses 6

Karakter Anne Hathaway, Mia Thermopolis, terlihat bersinar dalam gaun krim ini. Sarung tangan yang serasi tentunya menambah keanggunan. Tiara, sekarang bagian dari Walt Disney Archives, sebenarnya terbuat dari batu berlian sintetis, bukan batu asli.

7. Kate Hudson - “How to Lose a Guy in 10 Days” (2003)

Iconic Dresses 7

Dengan atau tanpa Isadora Diamond—yang dirancang oleh Harry Winston dalam kehidupan nyata—gaun satin kuning Kate Hudson sungguh memukau. Tidak hanya dipakai selama klimaks film, gaun ini juga terpampang di poster film. Gaun ini dirancang oleh perancang kostum film Karen Patch dan dengan cepat dikenali.

8. Jennifer Garner - “13 Going on 30” (2004)

Iconic Dresses 8

Sebagai remaja yang terjebak di tubuh seorang wanita berusia 30 tahun, Rink menjalani kehidupan barunya dengan naif dan penuh kegembiraan, seperti yang terlihat dalam satu adegan di mana ia berdandan untuk pesta besar majalahnya. Alih-alih memilih gaun korset hijau zamrud yang ketat (seperti yang dilakukan karakter Greer), ia memilih gaun mini Versace berwarna pelangi dengan potongan di bawah dada, kalung kupu-kupu, dan menggunakan banyak lip gloss pink.

9. Keira Knightley - “Atonement” (2007)

Iconic Dresses 9

Hampir dua dekade setelah “Atonement” dirilis, kita masih teringat gaun hijau Keira Knightley, dirancang oleh Jacqueline Durran. Gaya '30-an yang meliuk-liuk dan warna permata terang membawa drama sebanyak adegan yang menampilkan gaun ini.

10. Emma Stone - “La La Land” (2016)

Iconic Dresses 10

Siapa yang bisa melupakan Emma Stone dalam gaun kuning cerah ini? Adegan dansanya dengan Ryan Gosling di tengah cahaya kota adalah salah satu adegan terbaik “La La Land”. Sejak itu, gaun midi seperti ini telah menjadi pakaian pokok dalam banyak lemari pakaian.