Tidak Hanya Enak Diminum, Ampas Kopi Ternyata Punya Banyak Manfaat untuk Kulit

Beauty11 September 2021

By Venisa Ruth

Tidak Hanya Enak Diminum, Ampas Kopi Ternyata Punya Banyak Manfaat untuk Kulit

Anda gemar minum kopi buatan sendiri yang langsung digiling dari bijinya? Jika iya, jangan langsung buang ampasnya usai menyeruput kopi.


Menurut penelitian, ampas kopi memiliki banyak manfaat untuk kulit yang sayang untuk dilewatkan. Salah satu manfaat ampas kopi yang terkenal adalah kemampuannya dalam membantu membersihkan kulit. Lantas apa saja manfaat lain dari ampas kopi untuk kulit? Yuk, simak penjelasannya berikut.

1. Membersihkan Kulit

Ampas kopi bermanfaat untuk mengeksfoliasi kulit mati dan kotoran yang menumpuk di permukaan kulit. Oleh karena itu, ampas kopi dapat digunakan sebagai scrub wajah dan badan.

Lakukanlah scrub menggunakan ampas kopi seminggu sekali untuk mendapatkan kulit wajah dan tubuh yang bersih dan sehat. Untuk pengaplikasiannya, Anda bisa melakukannya dengan gerakan memutar.

2. Mengurangi Peradangan pada Kulit dan Jerawat

Ampas kopi juga bisa mengurangi peradangan pada kulit. Manfaat ini dihubungkan dengan adanya chlorogenic acid (CGA) dan melanoidin dalam kopi. Selain itu, kandungan antioksidan dalam ampas kopi juga bersifat menenangkan ketika di oleskan pada kulit yang meradang.

Ampas kopi memang tidak serta merta langsung menghilangkan jerawat. Namun, adanya kandungan CGA dalam ampas kopi mampu mengurangi peradangan, sekaligus memiliki sifat antibakteri. Melakukan scrub wajah secara teratur dengan ampas kopi juga bisa membantu membersihkan pori-pori wajah. Pori-pori yang bersih akan menghindarkan Anda dari kemunculan jerawat.

3. Menjaga Kulit Kaki Tetap Sehat

Ampas kopi tak hanya untuk kulit wajah. Anda bisa juga menggunakannya untuk membersihkan kulit kaki agar tetap halus dan terbebas dari kaki pecah-pecah. Selain itu, memijat sekaligus membersihkan kaki dengan ampas kopi juga membantu melancarkan aliran darah ke kaki.

Aroma ampas kopi juga bisa menyingkirkan bau tak sedap pada kaki, utamanya saat Anda mengenakan kaus kaki sepanjang hari.

4. Anti Penuaan untuk Kulit

Menggunakan ampas kopi dalam rangkaian perawatan wajah bisa membantu mencegah tanda-tanda penuaan dini, seperti flek hitam dan garis-garis halus wajah. Kandungan antioksidan polifenol dalam kopi membantu mencegah kerusakan kulit. Kulit pun akan tambah sehat dan awet muda.