Share
Tidak hanya Cantik, Bunga Ini Juga Bermanfaat bagi Kesehatan
Clara Enocensia
20 September 2021

Tak hanya cantik sebagai dekoratif, bunga-bunga ini juga bermanfaat bagi kesehatan.


Mungkin Anda terbiasa melihat bunga sebagai dekorasi dan hiasan. Tak hanya sebagai tambahan dekoratif, beberapa jenis bunga dapat dikonsumsi serta memiliki manfaat bagi kesehatan. Bunga-bunga berikut mengandung antioksidan yang tinggi serta senyawa antiinflamasi yang baik untuk kesehatan.

1. Bunga Borage

Dikenal dengan sebutan starflower, tanaman ini memiliki khasiat untuk mengobati sakit tenggorokan dan batuk. Bunga borage memiliki rasa yang sedikit manis dan segar seperti mentimun. Anda dapat memakan bunga ini sebagai campuran salad ataupun campuran dalam minuman seperti koktail. Tak hanya itu, bunga ini dapat dimasak beserta sup, saus, atau irisan pasta.

2. Bunga Purslane

Tanaman ini masuk ke dalam kategori sukulen dan memiliki bunga berwarna kuning tebal. Baik bunga maupun daun dari tanaman ini dapat langsung dikonsumsi. Bunga ini kaya akan nutrisi yang dibutuhkan tubuh seperti, vitamin, mineral, dan antioksidan. Anda dapat menjadikannya sebagai topping salad atau sandwich serta ditumis dan dikukus bersama sayuran lainnya.

3. Bunga Lavender

Bunga Lavender banyak dikenal karena aromanya yang mampu menenangkan bagi tubuh, sehingga lavender banyak digunakan sebagai essential oil untuk meredakan stress serta membuat tubuh lebih rileks. Selain itu bunga berwarna violet ini juga ternyata bisa dikonsumsi. Lavender sering digunakan sebagai bahan tambahan pada makanan yang dipanggang, sirup, dan bumbu kering.