Share
The Alpha under 40: Noni Ayi, Masa Depan Industri Kecantikan Indonesia
Dewi Anggriani Siregar
07 November 2023

“Gagal itu adalah hal yang biasa, tinggal bagaimana caranya kita bisa kembali bangkit saat mengalami kegagalan. Bagi saya, kegagalan adalah sebuah ilmu yang tidak bisa didapatkan di bangku sekolah manapun.”


Pertumbuhan industri di bidang kecantikan kian meningkat, produk kecantikan lokal pun kini diminati. Dengan demand yang tinggi tersebut, trend bisnis di industri beauty and skincare ini terbilang sangat menjanjikan dan membuat siapa saja tertarik untuk terjun. Noni Ayi adalah salah satunya. Usahawan yang bergerak di bidang skincare, kosmetik dan kecantikan ini merupakan owner dari NBS Skincare yang telah berdiri sejak tahun 2019 silam di Bogor.

Ibu dari 3 orang anak ini mengawali karirnya di bidang elektronik hingga pada akhirnya menemukan passion dan mencapai kesuksesan di industri kecantikan. Noni Ayi telah memiliki puluhan ribu reseller, agen dan stockist yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

“Awalnya saya menjalankan bisnis yang bergerak di bidang elektronik. Kecintaan dan hobby saya terhadap kecantikan serta keindahan membuat saya akhirnya memutuskan untuk banting setir dan menciptakan suatu produk berkualitas yang bisa digunakan oleh seluruh masyarakat Indonesia sehingga dapat menjadi solusi untuk berbagai permasalahan kulit.” jelasnya.

NONI AYI

NBS terus memperluas jaringan dan semakin dikenal oleh kalangan masyarakat di seluruh Indonesia sebagai produk kecantikan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Meski kini telah memiliki nama yang dikenal oleh masyarakat luas, Noni mengaku bahwa hambatan dan tantangan tetaplah ada, namun ia tetap berusaha agar mampu memasarkan produknya sendiri. Ia juga mengatakan bahwa tantangan di bisnis yang ia geluti adalah bagaimana ia bisa membranding atau memperkenalkan produk tersebut kepada masyarakat, sebab branding merupakan salah satu hal yang paling penting sekaligus sulit. Dari situ kemudian Noni melakukan strategi-strategi marketing salah satunya adalah dengan melakukan promosi dan endorsement.

Kebutuhan masyarakat kian meningkat, persaingan di industri ini pun kian meningkat. Kita selalu berinovasi dan konsisten menciptakan produk berkualitas yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat saat ini.

Menjalani kehidupan sebagai seorang wanita karir tidak membuat Noni Ayi lupa bahwa dirinya juga merupakan seorang ibu dan istri. Oleh karenanya, untuk hal apapun yang akan ia jalani, Noni tidak lupa meminta restu dan izin dari sang suami. Baginya, keluarga tetaplah hal yang utama. Ia pun sebisa mungkin menyeimbangkan antara karir dan tanggung jawabnya sebagai ibu rumah tangga dengan membagi waktu secara adil di mana ia bekerja dari hari senin sampai jumat, dan menghabiskan weekend bersama keluarga di rumah.

Menjadi salah satu sosok inspiratif yang memiliki karakter pemimpin, Noni Ayi juga mengungkapkan pandangannya bahwa setiap wanita bisa menjadi pemimpin serta memiliki karakter the alpa dengan menjadi mandiri dan berbeda dari yang lain. Bahkan dalam hal kepemimpinan pun Noni Ayi selalu berusaha menempatkan diri sebagai karyawan dan selalu memprioritaskan para pegawai demi menciptakan lingkungan kerja yang sehat serta mampu mencapai goal perusahaan.

Menilik keberhasilan dan ketekunannya saat ini, Noni Ayi rupanya menjadikan Nabi Muhammad SAW sebagai role model-nya dalam berkarir. Sebab baginya, dengan berdagang ia bisa mendapat keuntungan dengan cara yang baik sekaligus memberikan hal yang bermanfaat untuk orang banyak.

“Gagal itu adalah hal yang biasa, tinggal bagaimana caranya kita bisa kembali bangkit ketika mengalami kegagalan itu. Karena kegagalan adalah sebuah ilmu yang tidak bisa didapatkan di bangku sekolah manapun”. tutupnya.