Share
The Alpha under 40: Louisse Scarlett, Menggali Peluang Bisnis di dalam Passion
Dewi Anggriani Siregar
06 November 2023

Nama Louisse Scarlett atau yang akrab disapa Mami Louisse tentu sudah tidak asing di telinga Anda para pengguna media sosial.


Bagaimana tidak, Louisse berinovasi dengan memanfaatkan kemajuan teknologi dan media sosial. Ia mulai menjadi sorotan ketika dirinya menjadi affiliate creator perempuan pertama yang berhasil memecahkan rekor penjualan produk brand lokal sebesar Rp15 miliar dalam waktu satu hari. Hal tersebut kemudian membuat dirinya semakin dikenal dan dinobatkan sebagai affiliator sukses. Saat ini, selain tengah sibuk dengan karirnya, Louisse juga tidak melupakan tanggung jawab untuk mengurus anak-anaknya. Louisse kini dianugerahi 5 orang anak, 1 anak perempuan dan 4 anak laki-laki. Anak kelimanya baru saja lahir pada Senin 25 September 2023 lalu dan diberi nama Lounel Fortunata.

Siapa sangka, berawal dari kegemarannya mendokumentasikan kegiatan sang anak, ternyata malah menjadi ladang bisnis untuknya lantaran banyak yang menyukai gaya parenting dan edukasi yang ia lakukan. Kreativitas dan interaktif menjadi salah satu kunci kesuksesan Louisse Scarlett dalam menciptakan konten-konten yang berkualitas. Louisse Scarlett juga pernah mendapatkan award dari TikTok berupa peringkat pertama 'Creator of the Year 2023'.

Meski begitu, pencapaian yang saat ini ia raih pun tentu tidaklah mudah, ada banyak tantangan dan lika-liku perjalanan di tengah ketatnya persaingan. Namun Loiusse tampaknya tidak menyerah dan tetap konsisten dalam menciptakan konten dengan hasil yang maksimal. Selebgram dengan nama asli Lina Amelia ini tidak pernah patah semangat dan selalu berusaha memberikan ide-ide baru dalam setiap live dan konten yang ia ciptakan hingga meraup omzet yang tidak masuk akal. Lina Amelia adalah nama asli dari affiliator nomor satu di TikTok tahun 2023, sedangkan Louisse Scarlett adalah nama anak perempuannya yang ia gunakan untuk berbisnis selama ini.

Louisse Scarlett

Di tengah kesibukannya saat ini, Louisse merasa bahwa manajemen waktu merupakan salah satu tantangan terbesar. Meski begitu ia bersyukur, sebab dengan pekerjaan live streaming ia bisa menghasilkan duit dengan tetap di rumah saja dan tidak harus berpisah dengan anak anak, bahkan setelahnya masih punya waktu untuk makan, main, serta pergi bersama.

"Manajemen waktu dan menyeimbangkan pekerjaan dan keluarga adalah salah satu tantangan terbesar. Sebisa mungkin saya mengatur waktu meskipun harus mengorbankan me time saya sendiri." ucapnya.

Lebih lanjut ia juga menambahkan bahwa tantangan terbesar lain adalah bagaimana bisa tetap berfikiran positif dan mencari cara untuk mendapatkan target yang diberikan oleh tim ecommerce yang telah mempercayainya. Memiliki pengalaman live streaming di bidang kecantikan selama 2,5, Louisse mengungkapkan rencana karirnya ke depan untuk membuat brand skincare dan makeup sendiri. Menurutnya, komitmen adalah hal yang paling penting untuk bisa konsisten menjalankan suatu bisnis.

“Ketika kita sudah berkomitmen untuk sesuatu, kita akan selalu berfikir bagaimana caranya untuk mencapai target. Ketika suatu brand atau perusahaan telah memberikan kepercayaan kepada saya, saya akan menjaga kepercayaan itu. Karena ketika kepercayaan hancur, maka karir yang kita bangun bertahun-tahun pun akan hancur. Jadi saya selalu bertanggung jawab dan memberikan solusi agar kepercayaan konsumen tetap terjaga.” jelasnya.

Menjadi salah satu wanita alpha yang menginspirasi dengan karirnya yang melejit, Loiusse mengungkapkan bahwa Karakter alpha menurutnya adalah bagaimana seseorang tidak pantang menyerah untuk menghadapi situasi dan tantangan apapun. Ia juga berharap ke depannya agak keadaan ekonomi indonesia khususnya local brand dan UMKM bisa mendapat support lebih dari pemerintah sehingga para affiliator juga bisa mengangkat nama local brand agar lebih dikenal tidak hanya di indonesia bahkan hingga ke mancanegara.