The Alpha under 40: Lebih Dari 20 Tahun Berkarir, Adinia Wirasti Terus Berkarya Tanpa Henti
Listya Manopo
15 November 2022

Aktris kenamaan Adinia Wirasti bercerita banyak tentang mimpi-mimpinya, kegiatan kemanusiaan yang ia dukung dan juga harapan dalam karirnya di dunia perfilman Indonesia.


Adinia Wirasti memulai karirnya di dunia hiburan Indonesia dengan peran ikonik sebagai Karmen di film fenomenal Ada Apa dengan Cinta di tahun 22 saat ia masih berusia 14 tahun. Film drama romantis tersebut meledak sedemikian rupa sehingga popularitas yang tak terduga menjadi suatu ‘beban’ tersendiri bagi Adinia yang masih remaja dan belum memiliki ‘amunisi’ yang tepat dalam menghadapi keadaan tersebut. Meragukan diri sendiri bukan hal asing baginya, terlebih dengan begitu banyaknya permintaan yang harus di penuhi untuk bertahan di industri ini. Walau begitu, dengan berjalannya waktu, ia berhasil mengikis insecurities di dalam dirinya dan mengembangkan karirnya begitu pesat.

20 tahun kemudian di tahun 2022, Adinia Wirasti telah menjelma menjadi salah satu aktris yang paling banyak dinominasikan dan diberi penghargaan di antara teman-temannya di perfilman Indonesia, dengan lebih dari 20 judul film yang telah ia bintangi. Pemilik berbagai penghargaan, termasuk di antaranya dua Piala Citra, telah memainkan berbagai macam peran di banyak film dan serial. Intinya, julukan sebagai salah satu aktris Indonesia terbaik Indonesia saat ini tak salah untuk disematkan pada Adinia Wirasti.

Memerankan peran-peran utama dalam hampir semua film-filmnya akhir-akhir ini, Adinia mengakui ada suatu tanggung jawab yang dibebankan padanya. “Menjadi first bill atau peran utama di dalam sebuah film untuk saya, sebagai seorang aktor, berarti memikul beban emosi seorang diri dari skrip tersebut. We need to be generous enough to do it, meaning mengerjakan atau menganalisa adegan-adegan di dalam film bukan hanya untuk karakter kita saja, tetapi juga untuk karakter-karakter lain. ‘Bermain bagus’ itu bukan hanya bermain sendiri saja, tetapi tahu kapan kita harus memberi, dan tahu kapan kita harus menerima,” kata penerima penghargaan Indonesia’s Beautiful Women 2015 dari HighEnd ini.

Untuk membaca wawancara selengkapnya dengan Adinia Wirasti, Anda bisa melihat di majalah HighEnd edisi November 2022. Dapatkan di toko buku terdekat atau pesan melalui Whatsapp di +62 857 7143 3228.

Sumber foto: Febi Ramdhan