Share
The Alpha under 40: dr. Ayu Widyaningrum, Arti Kesuksesan yang Sesungguhnya
Dewi Anggriani Siregar
06 November 2023

“Karena kesuksesan yang sesungguhnya adalah bagaimana kita bisa menciptakan sesuatu yang berguna tidak hanya bagi diri sendiri, tetapi juga bagi banyak orang banyak.”


Industri kecantikan kian berkembang seiring meningkatnya minat masyarakat. Di tengah perkembangan yang pesat, kompetisi di industri ini pun terus meningkat. Menghadapi hal tersebut, dr. Ayu Widyaningrum, MM, Magister AAAM dan Magister IBAMS selaku dokter estetik pun tidak berhenti untuk mengembangkan inovasi-inovasi terbarunya di bidang dermatologi. Tekadnya yang kuat untuk menjalankan profesinya dengan profesional menjadi salah satu hal yang mengantarkannya pada kesuksesannya saat ini.

dr. Ayu Widyaningrum saat ini bekerja di klinik estetika yang sudah mapan, Widya Esthetic Clinic, yang merupakan salah satu klinik Pratama yang berfokus pada dermatologi estetika. Klinik ini memberikan jasa rekonstruksi wajah seperti botox, filler, dan perawatan anti-aging, seperti; Stem Cell therapy, Embryonic Cell therapy, dan Placenta therapy. Klinik di Banjarmasin ini telah berdiri selama bertahun-tahun dan akan terus berkembang seiring berjalannya waktu dengan andil dari dr. Ayu Widyaningrum di dalamnya.

Selain pola pikir yang kreatif, dr. Ayu Widyaningrum tidak pernah berhenti membangun dedikasinya sebagai seorang dokter yang tidak hanya mencintai pekerjaannya namun juga menjadikan kepuasan pasien sebagai salah satu indikasi kesuksesannya. Berkat segala usaha dan pencapaiannya yang sangat luar biasa tersebut, dr. Ayu Widyaningrum pantas mendapat penghargaan The Alpha under 40 dari HighEnd Magazine sebagai apresiasi terhadap sosok inspiratif di bawah usia 40 tahun yang memiliki karakter ‘alpha’, atau pemimpin di bidangnya yang telah berkarya dan mampu memotivasi orang lain agar dapat meraih kesuksesan dan membawa Indonesia menjadi semakin maju.

“Hal yang sangat luar biasa saya diberikan kesempatan untuk bisa menerima penghargaan The Alpha under 40 ini. Ke depannya, saya berharap dapat lebih memotivasi dan terus berinovasi untuk bisa menginspirasi orang banyak, para perempuan lain dan para sejawat di Indonesia.” tuturnya.

dr. Ayu

Memiliki karir yang telah mapan, dr. Ayu Widyaningrum pun memberikan pesan untuk para wanita dan anak bangsa Indonesia agar jangan pernah menyerah, karena kesuksesan adalah milik siapa saja yang terus berusaha, pantang menyerah, dan selalu ingin belajar. Baginya, kesuksesan adalah suatu hal yang tidak bisa diciptakan begitu saja. Sukses harus dilatarbelakangi oleh suatu motivasi yang kuat dan inovasi baru sehingga kita bisa menjadi berbeda dengan yang lainnya. Saat ini, dr. Widya terus berusaha untuk mengembangkan inovasi terbaru di bidang dermatologi aesthetic sehingga dokter-dokter di Indonesia dapat bersaing secara internasional. Menjadi salah satu sosok yang telah membuka peluang kerja untuk orang lain, ternyata masih ada beberapa mimpi yang belum dicapai oleh dr. Widya yakni membangun rumah panti asuhan dan membangun rumah kanker.

“Karena bagi saya, kesuksesan yang sesungguhnya adalah bagaimana kita bisa menciptakan sesuatu yang berguna tidak hanya bagi diri sendiri, tetapi juga untuk orang lain." ucapnya.

Terlepas dari karirnya sebagai dokter, ia juga merupakan seorang istri dan Ibu Rumah Tangga. Beruntungnya, dr. Widya memiliki keluarga yang selalu memberikan dukungan penuh terhadap karirnya. Ia selalu menganggap bahwa manajemen waktu merupakan kunci penting di hidupnya karena waktu tidak akan pernah terulang lagi. Menyeimbangkan waktu antara karir dan waktu bersama keluarga merupakan salah satu kesuksesan bagi dr. Ayu Widya. Sukses bagaimana ia bisa mengatur waktu dengan baik antara karir dan keluarga. Meluangkan waktu untuk keluarga merupakan bagian dari perannya sebagai ibu dan istri. Baginya, makna keluarga ditanamkan dengan dalam pada dirinya karena menurutnya, keluarga adalah hal yang paling berarti.