Share
Tetap Fit Jalani Ibadah Puasa, Lakukan Beberapa Hal Berikut Ini!
Dewi Anggriani Siregar
16 March 2024

Memasuki bulan Ramadan, sejumlah penyesuaian pun tentu harus Anda lakukan agar tetap fit dalam menjalankan aktivitas sehari-sehari.


Saat bulan puasa, sangat wajar jika tubuh akan terasa jauh lebih lemas dan lelah. Hal ini disebabkan karena tubuh tidak memperoleh asupan makanan dan minuman yang cukup selama satu hari penuh. Ditambah lagi pola tidur yang berantakan pun tentu akan berpengaruh terhadap kondisi tubuh. Oleh karena itu, saat menjalankan ibadah puasa sangat penting untuk mengatur pola makan dan pola tidur yang baik agar tubuh tidak cepat merasa lelah dan lemas. Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan agar tetap fit menjalankan ibadah puasa sepanjang hari.

PUASA

Istirahat yang Cukup

Saat tengah berpuasa, usahakan untuk mengatur pola tidur sebaik mungkin. Meskipun sulit karena harus menyeimbangkan aktivitas saat sahur dan berbuka, Anda bisa memanfaatkan sedikit waktu-waktu luang untuk power nap agar saat terbangun tubuh kembali segar dan siap beraktivitas.

Olahraga Secukupnya

Berpuasa bukan berarti kita tidak bisa berolahraga seperti biasanya. Justru saat puasa, tubuh memerlukan stamina dan kebugaran fisik yang lebih, oleh karena itu berolahraga secukupnya sangat dianjurkan. Anda bisa mencoba untuk berolahraga 60 menit sebelum berbuka atau setelah sholat tarawih.

Perhatikan Pola Makan

Pola makan juga menjadi salah satu hal penting yang wajib Anda perhatikan saat menjalankan ibadah puasa. Anda sebaiknya mengonsumsi makanan yang banyak mengandung nutrisi, serat, vitamin, karbohidrat, serta gizi seimbang. Selain itu, Anda dianjurkan untuk menghindari konsumsi makanan-makanan yang dapat memicu permasalah lambung seperti konsumsi makanan terlalu pedas, asam, dan kafein yang berlebihan.

Penuhi Kebutuhan Cairan

Saat berpuasa, tubuh akan kehilangan banyak cairan. Oleh karena itu, Anda sebaiknya mengonsumsi air putih yang cukup saat sahur dan berbuka. Anda juga bisa menerapkan metode meminum dua gelas air putih saat berbuka, empat gelas air putih saat makan malam, dan dua gelas air putih saat sahur.