Ternyata Kayu Manis Memiliki Berbagai Manfaat untuk Kesehatan Tubuh

Wellness07 October 2021

By Clara Enocensia

Ternyata Kayu Manis Memiliki Berbagai Manfaat untuk Kesehatan Tubuh

Salah satu rempah-rempah serba guna yang memiliki segudang manfaat, berikut ulasan lengkap seputar manfaat kayu manis bagi kesehatan tubuh.


Kayu manis merupakan salah satu rempah-rempah yang sering digunakan sebagai penambah rasa atau keharuman masakan dan minuman hangat. Dipakai berabad-abad sejak zaman Mesir Kuno, kayu manis konon adalah komoditas premium yang sulit untuk didapatkan. Namun saat ini, kayu manis atau cinnamon dapat ditemukan dengan harga terjangkau baik di pasar maupun swalayan. Kayu manis ternyata memiliki beragam manfaat untuk tubuh. Mari simak ulasan berikut.

1. Antiinflamasi

Respon tubuh terhadap penyakit atau cedera sekaligus memperbaiki kerusakan jaringan disebut sebagai peradangan atau inflamasi. Hal tersebut adalah sesuatu yang normal, namun bila inflamasi tak kunjung reda dan terjadi secara berlebihan, dapat menyebabkan penyakit kronis. Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa mengkonsumsi kayu manis dapat membantu mengatasi inflamasi.

2. Kaya akan antioksidan

Sisa metabolisme dalam tubuh membentuk senyawa radikal bebas yang dapat menyebabkan stress oksidatif, sehingga tubuh memerlukan asupan antioksidan untuk menangkal radikal bebas. Rempah satu ini memiliki senyawa antioksidan yang kuat, yaitu polifenol. Bahkan, kayu manis bisa dijadikan sebagai pengawet makanan alami karena tingginya kandungan polifenol didalamnya.

3.Menurunkan resiko penyakit jantung

Selain kaya akan antioksidan dan antiinflamasi, kayu manis dapat membantu menurunkan resiko penyakit jantung. Penelitian membuktikan bahwa kayu manis dapat menurunkan penanda umum penyakit kardiovaskular seperti kadar kolesterol total, trigliserida, dan LDL. Konsumsi 120 mg kayu manis per hari, sudah cukup untuk mencegah penyakit kardiovaskular.