Ternyata Ini Alasan Chris Martin Berikan Gitar Kepada Member BTS Jin
Novita Angelina
22 April 2022

Vokalis grup band Coldplay, Chris Martin menunjukkan rasa hormatnya terhadap member BTS Jin serta budaya Korea Selatan. Sikapnya ini membuahkan pujian dari para penggemar BTS, ARMY.


Sebelumnya di akhir tahun 2021, BTS dan Coldplay merilis sebuah lagu dan video musik kolaborasi yang berjudul "My Universe." Lagu yang berhasil menduduki tangga lagu internasional ini bercerita mengenai cara mengatasi hambatan melalui musik dan cinta.

Tidak hanya itu, BTS dan Coldplay juga membuat penonton terkagum ketika tampil membawakan lagu "My Universe" di atas panggung di American Music Awards 2021 dan di konser BTS PERMISSION TO DANCE ON STAGE – LA. Sekarang, persahabatan kelompok ini, atau biasa disebut sebagai “Coldtan” kembali ramai menjadi perbincangan.

Dalam sebuah wawancara baru dengan KiddNation, seorang pewawancara bertanya kepada Chris Martin tentang gitar yang dia berikan kepada Jin BTS sebagai hadiah. Chris mendapat pertanyaan apakah ia benar menghadiahkan gitarnya kepada salah satu anggota BTS. Chris Martin kemudian sontak memberikan klarifikasi seraya memanggil nama Jin. "Jin, ya," katanya.

Pewawancara tersebut menanyakan apa alasannya memberikan gitar itu kepada Jin BTS, apakah hal tersebut tiba-tiba tercetus di pikiran atau ada alasan lain. Chris Martin sendiri kemudian menjelaskan bahwa dia memberikan "penghormatan ekstra" kepada anggota tertua BTS, walaupun Coldplay juga memberikan hadiah kepada anggota lainnya. Ia mengetahui bahwa di budaya Korea, seseorang harus memberikan penghormatan lebih kepada yang paling tua.

“Ya, Jin adalah member yang tertua, jadi cara saya berpikir bahwa menurut budaya Korea, tidak apa-apa untuk memberi hormat ekstra kepada yang tertua, dan saya pikir Jin – sejauh yang saya tahu – paling menyukai hal yang berkaitan dengan gitar. Dan kami juga sebenarnya memberikan hadiah kepada semua orang,” ungkap Chris Martin.

Mengetahu hal tersebut, ARMY tentu memuji Chris Martin karena ia ternyata mengetahui tentang budaya Korea. Mereka juga melihat bahwa Chris melihat Jin sebagai seorang individu daripada membiarkannya hanya menjadi, “salah satu anak laki-laki anggota BTS.”