Share
Terinspirasi dari Kreator dan Figur Publik, Instagram Merilis Fitur Anti Perundungan
Bunga Revina
04 November 2022

Sebagai platform media sosial yang banyak digunakan oleh kreator dan figur publik dengan jumlah follower yang sangat besar, Instagram mengumumkan serangkaian fitur untuk melindungi pengguna dari aksi perundungan, atau bullying.


Hal ini disampaikan oleh Ivana Kirkbride, selaku Direktur Pemasaran Produk untuk Kreator di Meta pada acara Creator Week 2022 yang berlangsung minggu ini di Bali. Acara ini turut dihadiri oleh 120 kreator dari seluruh Asia Pasifik.

"Jika kami ingin pengguna merasa aman dan nyaman dalam berekspresi dan berkreasi di Instagram, kami harus terus mendesain fitur yang bisa melindungi mereka," kata Ivana. “Fitur ini kami desain berdasarkan masukan yang kami terima dari para kreator dan figur publik di seluruh dunia, yang kami harap bisa dimanfaatkan oleh khalayak luas” ucapnya.

Berikut adalah fitur-fitur anti perundungan baru di Instagram:

Multi-Blokir

Fitur ini didesain agar orang yang sudah diblokir tidak bisa mengulang perilakunya, meski mereka membuat akun baru. Fitur Blokir di Instagram telah diperkuat dengan Multi-Blokir, atau kemampuan untuk juga memblokir akun-akun yang dibuat oleh seseorang kedepannya. Berdasarkan tes awal yang dilakukan Instagram, fitur ini telah mengurangi jumlah akun yang diblokir para publik figur di seluruh dunia hingga 4 juta akun.

Kata-Kata Tersembunyi (Hidden Words)

Sejak diluncurkan tahun lalu, data internal Instagram menunjukkan penurunan hingga 40% dalam jumlah komentar negatif saat seseorang mengaktifkan fitur Hidden Words. Fitur ini sekarang diperluas untuk mencakup pesan ofensif di DM yang dikirim orang melalui balasan Stories. Instagram juga menambahkan daftar kata-kata di Hidden Words dari berbagai bahasa, termasuk Bahasa Indonesia.

Fitur ini akan dinyalakan secara otomatis bagi pengguna yang menggunakan opsi Akun Kreator di Instagram dan memberikan opsi untuk pemilik akun menambahkan kata-kata atau emoji yang tidak ingin mereka lihat di kolom komentar maupun DM mereka.

Nudges

Fitur Nudges adalah fitur pemberi peringatan saat seseorang mengetik kata-kata bersifat negatif di Instagram. Fitur ini sekarang tersedia di kolom komentar, di mana pengguna akan mendapatkan notifikasi untuk berhenti sebelum mereka menggunakan kata-kata yang dipindai bersifat ofensif oleh sistem Instagram. Fitur ini tersedia dalam Bahasa Inggris, dan akan diperluas ke bahasa lain dalam waktu dekat.

Dalam beberapa minggu ke depan, Instagram juga akan mulai menyalakan pengingat (reminder) untuk pengguna di seluruh dunia saat mereka akan mengirimkan DM ke akun kreator, sebagai dorongan untuk membangun interaksi yang positif dan kondusif saat menggunakan Instagram.