Share
Tempat Wisata di Pulau Sumba yang Wajib Dikunjungi
Clara Enocensia
08 February 2022

Sumba merupakan sebuah pulau yang memiliki pesona alam yang sangat indah juga masih alami.


Keindahan alam Indonesia memang sangat kaya. Tak hanya Bali yang menjadi daya tarik pariwisata di Indonesia, Nusa Tenggara Timur pun memiliki berbagai keindahan alam yang menakjubkan.

Pulau Sumba salah satu dari sekian banyak dataran megah di Nusantara, berikut beberapa destinasi atau tempat wisata di Pulau Sumba yang sukses membuat para wisatawan terpesona.

1. Pantai Puru Kambera

Pantai Puru Kambera terletak 25 kilometer arah timur Kota Waingapu. Panorama pasir putih nan cantik serta air laut berwarna biru jernih bisa Anda temukan di sini.

Terdapat pula hamparan savana hijau di sekitar pantai. Anda juga akan menjumpai beberapa kuda terlihat sedang menikmati santapannya di padang hijau tersebut.

2. Danau Weekuri

Danau Weekuri atau Weekuri Lagoon merupakan sebuah danau yang terbentuk akibat dari percikan air aut yang menembus batuan karang. Kedalaman danau ini beragam dari mulai kurang dari setengah meter hingga ada yang mencapai 5 meter.

Airnya terasa asin karena berasal dari air laut yang menembus batuan karang yang mengelilingi danau

3. Pantai Marosi

Pantai Marosi, terletak sekitar 32 kilometer dari Kota Waikabubak, ibu kota Kabupaten Sumba Barat. Pantai ini memiliki air sejernih kristal, serta hamparan pasir putih yang lembut ketika masuk ke sela-sela jari kaki. Batu karang besar yang menjorok ke laut memberikan keunikan sendiri.

4. Air Terjun Lapopu

Air terjun tertinggi di Nusa Tenggara Timur ini berada di kawasan Taman Nasional Manupeu Tanah Daru. Tepatnya di Desa Lapopu, Kecamatan Wanokaka, Kabupaten Sumba Barat. Air terjun ini bertingkat. Jatuh airnya tidak langsung ke dalam kolam, tapi masih berundak-undak.