Tempat Ngopi Terbaik Jakarta: Review Jujur dari Pecinta Kopi

Wine & Dine16 July 2020

By Larasati Oetomo

Tempat Ngopi Terbaik Jakarta: Review Jujur dari Pecinta Kopi

Sebab yang terpenting dari tempat ngopi adalah kopi, bukan Instagrammable.


Berapa banyak daftar tempat ngopi terbaik Jakarta yang dapat Anda temukan di laman pencarian? 10? 50? Berapa banyak di antaranya yang benar-benar didatangi oleh si tukang review, dan berapa banyak dari si tukang review yang punya pengetahuan soal kopi atau, setidaknya, memang pecinta kopi?

Saya sendiri selaku penulis artikel sudah sering ketipu review tempat ngopi di Internet. Biasanya, nama yang artistik, lokasi di kompleks tergaul di Jakarta, dan foto-foto ambience yang Instagram-genik, dan nama menu membingungkan merupakan kombinasi utama dari tempat ngopi semacam ini. Namun, begitu Anda membaca menu kopi dan mencoba menyisip kopinya, rasanya Anda ingin bikin kopi sendiri saja di rumah. Hemat dan sudah pasti sesuai selera.

Bagi mereka yang menyukai kopi, entah manual maupun espresso-based, tidak ada yang lebih penting dari tempat ngopi yang sama bersemangatnya soal kopi dengan mereka. Lupakan sejenak tempat ngopi paling hits saat ini—kualitas bahan baku biji kopi, prosedur pembuatan kopi, dan penyajian kopi yang baik adalah yang terpenting.

Sejak 2015, saya aktif “keliling” Jakarta untuk icip-icip kopi. Setelah setidaknya berkeliling ke 5 lusin tempat ngopi di Jakarta, saya akui saja—tidak sampai 20 persennya lolos uji “Saya Pasti Kembali Lagi”. Setelah beberapa tahun pun, saya akhirnya memantapkan diri untuk hanya mengkurasi sebagian kecil tempat ngopi yang benar-benar menyajikan kopi sedap berkualitas. Pokoknya, Anda yang benar-benar hobi kopi dijamin tidak akan menyesal main-main ke tempat ngopi di bawah ini.

GIYANTI COFFEE AND ROASTERY

Terletak di Jl. Surabaya, Menteng, Giyanti sudah pasti masuk daftar wajib pecinta kopi manapun. Mereka mengolah kopi mereka sendiri sehingga selalu segar dan menyajikan kopi lengkap dengan free flow infused water (andai Anda paham berapa banyak kafe yang tidak menyediakan air putih saat menyajikan kopi). Kalau Anda beruntung, Anda bisa menemukan kopi single origin langka yang dapat diolah sesuai selera Anda—baik strong atau reguler. Kekurangan dari tempat yang amat cantik dengan sirkulasi udara baik di area merokoknya ini cuma satu: hingga kini mereka belum menyajikan opsi manual brew. Dan, oh, jangan lupakan jam buka merea yang tidak kompatibel dengan kebanyakan jam kantor ini.

TANAMERA COFFEE

Sebagai salah satu grup produsen kopi terbaik dan terbesar di Indonesia, siapa yang tak mengenal Tanamera? Mereka menyajikan segala jenis biji kopi single origin dengan pilihan proses manual beragam. Dengan kontrol prosedur yang ketat, setiap barista dapat menjawab dengan baik segala macam pertanyaan Anda soal kopi dan memberikan rekomendasi sesuai selera Anda. Sejauh ini, Tanamera Coffee Ahmad Dahlan di Gandaria adalah outlet mereka yang paling nyaman. Akan sangat sulit untuk menolak godaan membeli sebungkus biji kopi segar dari Kafe ini untuk dinikmati di rumah.

THREE FOLKS

Nama Three Folks mungkin tidak sepopuler dua nama sebelumnya, namun grup kecil ini sudah punya tiga gerai di Pesanggrahan, Bintaro, dan Cilandak. Selain filter coffee, spesialisasi dari kafe ini adalah kopi proses Japanese drip, earl grey latte, dan butterscotch latte. Anda yang tidak menyukai kopi pun tetap dapat dimanjakan dengan es krim earl grey maupun pilihan specialty tea mereka. Begitutu sampai di sini, Anda dijamin langsung nyaman dengan seating bersirkulasi udara baik dan tanaman hijau asli yang tumbuh di area kafe.

FIRST CRACK

Begitu memasuki tempat ngopi di Jalan Bumi, Kebayoran Baru ini, Anda akan segera tahu betapa si pemilik mencintai kopi dengan pilihan interior yang ada. First Crack, di antara semua tempat ngopi di daftar ini, memang memiliki desain interior terbaik. Menu wajib coba mereka adalah cold brew mereka yang super segar, kaya rasa, dan antipahit; berbeda dengan kebanyakan cold brew standar. Meski demikian, Anda yang perokok mungkin perlu menimbang ulang menghabiskan banyak waktu di sini sebab area merokok yang disediakan amat kecil relatif dengan ukuran kafe dan sirkulasi udara yang kurang baik.

COMMON GROUNDS

Satu hal yang pasti: Anda tidak akan meragukan kapasitas dari setiap barista Common Grounds sebab coffee chain ini cukup terkenal dengan program edukasi kopi mereka. Fakta trivia dari orang dalam: mereka bahkan ketat mengontrol air yang digunakan untuk membuat kopi untuk memastikan kalibrasi rasa yang benar-benar sama. Atas kualitas tersebut, kali ini saya “memaafkan” penampilan outlet-outlet mereka yang amat Instagrammable. Kelemahannya? Saya harap Common Grounds berhenti menjajak mal dan punya rumah sendiri yang lebih jauh dari keramaian khas mal.

SPUMANTE ALL-DAY DINING

Saya akui—saya curang untuk memasukkan Spumante ke daftar ini sebab menu makanan dari restoran ini lebih menyihir saya dibanding kopinya. Maka dari itu, akan lebih pas untuk memasukkan Spumante ke dalam kategori “restoran dengan kopi terbaik” dibandingkan “tempat ngopi terbaik”. Mulai dari menu kopi manual brew, makanan Indonesia, risotto, hingga dessert; Spumante merupakan tempat yang komplit untuk kumpul keluarga dan teman.