Tebus Uang Pajak Rp46 Miliar, Meghan Markle dan Harry Pertahankan Rumah di Frogmore Cottage

Event10 September 2020

By Larasati Oetomo

Tebus Uang Pajak Rp46 Miliar, Meghan Markle dan Harry Pertahankan Rumah di Frogmore Cottage

Pangeran Harry dan sang istri, Meghan Markle bayar lunas biaya renovasi rumah mereka di Frogmore Cottage.


Frogmore Cottage merupakan tempat tinggal Harry dan Meghan sejak menikah. Sebelum keduanya pindah ke rumah peninggalan Ratu Victoria ini, Frogmore Cottage direnovasi total hingga menelan biaya sebanyak £2,4 juta atau sekitar Rp46 miliar. Biaya renovasi ini diperoleh dari dana hibah persemakmuran (Sovereign Grant) yang dibayarkan dari pajak rakyat Britania Raya.

Diketahui pula bahwa biaya renovasi fantastis tersebut termasuk biaya pembangunan spa, studio yoga, dan ruang khusus sang anak semata wayang, Archie.

Frogmore Cottage sendiri menjadi kediaman bersejarah dari pasangan Duke dan Duchess of Sussex, sebab di sinilah mereka melangsungkan pertunangan dan pernikahan mereka.

Sejak memutuskan mundur sebagai anggota senior Keluarga Kerajaan Inggris pada Januari 2020 lalu, Pangeran Harry dan Meghan Markle juga mengutarakan keinginan mereka untuk independen secara finansial. Dalam artian, keduanya tidak akan mengambil sebagian dana hibah kerajaan sebagai biaya hidup. Sebagian dana hibah ini dibayarkan dari pajak rakyat Inggris.

Perlahan tapi pasti, Harry dan Meghan memenuhi janji mereka untuk hidup independen secara finansial dari Kerajaan Inggris. Mereka menebus dana hibah yang telah diberikan kepada mereka sebagai biaya hidup, termasuk ongkos renovasi Frogmore Cottage ini.

Terkait pelunasan ini, Frogmore Cottage akan tetap menjadi kediaman Harry dan Meghan di Inggris. Kini, rumah megah ini tetap kosong sementara keduanya tinggal di Los Angeles, AS.

Disebutkan oleh BBC bahwa penggunaan uang pajak rakyat Inggris dalam monarki selalu menjadi isu yang hangat diperbincangkan. Ditambah, Harry dan Meghan kini telah mundur dari tugas senior keluarga kerajaan sehingga isu ini menjadi semakin serius.

Berita pelunasan biaya renovasi Frogmore Cottage ini muncul tak lama setelah Harry dan Meghan menandatangani kontrak besar-besaran dengan perusahaan streaming populer Netflix.

Keduanya menyetujui kerja sama jangka panjang untuk membuat berbagai acara dan sinema keluarga. Hal ini termasuk film dan serial dokumenter, film feature, program dengan skrip, serta program anak-anak.