Share
Tas-Tas Desainer Terkenal yang Terinspirasi dari para Fashion Icon Ternama
Putrika Annaya Salsabila
23 October 2023

Mulai dari Birkin Bag, Lady Dior, hingga The Jackie, mungkin tas-tas desainer ini sudah familiar di telinga Anda. Namun, apa kisah dibalik para sosok yang menginspirasi tas-tas tersebut?


Untuk menjadi ikon di dunia mode, tentu saja seseorang perlu memiliki impact yang besar di dunia fashion. Maka, tidak heran jika para ikon terkemuka di dunia memiliki tas-tas desainer spektakuler yang terinspirasi dari mereka.

Mari kita lihat beberapa tas paling terkenal di dunia mode dan ikon-ikon yang menjadi inspirasi nama bagi tas-tas tersebut!

1. The Birkin - Hermès

Birkin Bag

Tidak diragukan lagi, ini adalah tas yang paling terkenal sepanjang masa. Karya ikonis Hermès ini terinspirasi oleh seorang ikon yang sesuai dengan nama tas tersebut.

Pada tahun 1984, Jane Birkin mengalami beberapa masalah dengan tas anyaman yang penuh isinya saat sedang terbang bersama Jean-Louis Dumas, ketua eksekutif Hermès pada saat itu. Oleh karena itu, tas Birkin dibuat sefungsional mungkin sehingga dapat memuat banyak barang sembari tetap terlihat modis.

Sebuah tas yang sekarang menjadi sinonim dengan elegansi dan gaya yang abadi, Birkin telah mencapai keagungan dan reputasi yang layak bagi namanya. Sebuah tas ikonis yang akan tetap berada dalam sejarah mode selamanya.

2. Lady Dior - Dior

Lady Dior

Putri Diana tetap menjadi salah satu ikon mode terkenal di dunia, jadi sangat pantas jika dia memiliki tas ikonis yang dinamai menurut namanya. Awalnya dikenal dengan nama Chouchou bag, aksesori statement ini diubah namanya untuk menghormati putri kerajaan kesayangan publik pada tahun 1996, setelah dia beberapa kali terlihat dengan tas ini.

Sebuah karya yang luar biasa, Lady Dior tetap menjadi salah satu tas Dior yang paling terkenal hingga saat ini.

3. The Jackie - Gucci

The Jackie

Tas bahu favorit ini awalnya diberi nama The Fifties Constance, tetapi kemudian diubah menjadi The Jackie 1961 karena mantan Ibu Negara Amerika Serikat ini telah menunjukkan kecintaannya pada tas yang elegan dan minimalis ini.

Dalam beberapa tahun terakhir, Direktur Kreatif Gucci, Alessandro Michele, merancang ulang tas bahu bergaya hobo ini dan memberikan sentuhan baru, menjadikannya salah satu item terpopuler dalam mode saat ini.

4. The Kelly - Hermès

The Kelly

Tas Kelly asli, tidak seperti tas Birkin yang memang dibuat untuk Jane Birkin, awalnya tidak diciptakan dengan Grace Kelly dalam pikiran. Meskipun sudah ada sejak tahun ‘30-an, tas ini diubah namanya untuk menghormati pemilik terkenalnya pada tahun ‘50-an.

Sebuah tas yang awalnya dikenal dengan nama Sac à Dépêches, kini terkenal dengan sebutan The Kelly, setelah aktris yang kemudian menjadi seorang putri kerajaan mencoba menyembunyikan kehamilan bayinya dari paparazi dengan tas ini. Hari ini, tas ini tetap menjadi salah satu tas yang paling dicari sepanjang masa, menggambarkan rasa mewah dan elegan yang jarang ditemukan dalam desain kontemporer.

5. The SC - Louis Vuitton

The SC

Tas SC oleh Louis Vuitton lahir pada tahun 2010 ketika sutradara pemenang Academy Award, aktris, dan ikon mode, Sofia Coppola, berkolaborasi dengan Direktur Kreatif Louis Vuitton Marc Jacobs, untuk menciptakan keindahan ini.

Terinspirasi oleh LV Speedy, tas ini memiliki tampilan yang khas yang akan selalu tetap gaya, sama seperti namanya.